OJT Adalah Metode Pelatihan Kerja, Berikut Tujuan dan Bentuknya

Dwi Latifatul Fajri
6 Juli 2022, 16:20
OJT adalah
pexels.com
Ilustrasi, sekelompok karyawan tengah menjalani pelatihan di kantor.

Singkatan OJT adalah On the Job Training. Kata OJT berasal dari bahasa Inggris yang artinya pelatihan kerja. Istilah OJT digunakan oleh perusahaan untuk pelatihan kerja karyawan.

Pelatihan kerja ini menyesuaikan program dan kebutuhan, untuk mengembangkan potensi karyawan. Sebagian perusahaan menganggap OJT perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan perilaku karyawan.

Pengertian OJT

Mengutip dari Manajemen Keperawatan Aplikasi off job training, OJT adalah metode pelatihan dan pengembangan informal. Adanya OJT, memudahkan karyawan mempelajari tugas-tugas sesuai bidang dengan mengerjakannya secara nyata.

OJT dipakai perusahaan untuk melatih tenaga kerja. Karyawan akan mempelajari pekerjaan sambil mengerjakan secara langsung. Pelatihan ini dilakukan di tempat kerja, sehingga karyawan mendapatkan pelatihan ketika mereka memasuki perusahaan.

Mengutip dari mekari.com, on the job training berbeda dengan Management Trainee (MT). Keduanya dipakai untuk melatih karyawan baru, tetapi OJT berfokus pada kemampuan (skill) karyawan sesuai bidang pekerjaan. Sedangkan MT fokus pada pelatihan posisi manajerial.

Metode OJT banyak digunakan dalam perusahaan untuk melatih tenaga kerja. Perusahaan menggunakan karyawan untuk pelatihan sumber daya manusia (SDM). Sedangkan pelaihan adalah berbagai usaha pengenalan untuk pengembangkan kinerja tenaga kerja.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...