6 Manfaat Daun Gedi untuk Kesehatan, dan Cara Mengolahnya

Image title
20 Juli 2022, 15:11
manfaat daun gedi
pixabay.com/Saranya7
Ilustrasi, seorang perempuan merasakan nyeri karena haid.

Manfaat daun gedi (Abelmoschus manihot L.), salah satunya, adalah mencegah tubuh terserang berbagai penyakit. Tanaman tropis famili Malvacea yang juga dimanfaatkan sebagai bahan pangan ini mengandung senyawa flavonoid yang ampuh menurunkan risiko penyakit degeneratif, seperti jantung hingga kanker.

Meneruskan jurnal "Ekstraksi Daun Gedi (Abelmoschus manihot L.) Secara Sekuensial dan Aktivitas Antioksidannya" oleh Mercy Taroreh, dkk, melaporkan bahwa daun gedi yang diekstrak dengan etanol 96% memiliki total flavonoid sebesar 41,56%.

Tanaman yang terdiri dari total 15 spesies dan hanya 3 spesies yang dikenal di Indonesia ini kerap dimanfaatkan masyarakat untuk mengobati sakit ginjal, maag, dan menurunkan kolesterol darah. Daun ini mengandung senyawa berkhasiat polifenol, yaitu: tanin terkondensasi dan fenolik yang diketahui dapat menurunkan kolesterol darah.

Sekilas tentang Daun Gedi

Daun gedi adalah daun berwarna hijau tua yang bentuknya seperti maple. Tanaman ini panjang dan "berjari", dengan tepi bergerigi yang berakhir dengan titik. Setiap daun dapat tumbuh hingga 25 sentimeter.

Daunnya muncul pada batang tunggal yang berair pada tanaman gedi, yang merupakan tanaman tahunan dengan batang yang tumbuh hingga ketinggian 1,2 hingga 1,8 meter. Baik batang maupun daunnya mengeluarkan getah yang lengket saat dipotong.

Bagian atas muda yang lembut dari tanaman dipanen, karena bagian ini cenderung menghasilkan lebih sedikit getah. Daun gedi kerap digambarkan sebagai persilangan antara bayam dan rumput laut.

Manfaat Daun Gedi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, daun ini mengandung senyawa penting yang dapat menangkal sejumlah penyakit berbahaya. Mengutip berbagai sumber, berikut manfaat daun gedi untuk kesehatan.

1. Melancarkan Haid

Tanaman ini dapat membantu melancarkan haid. Air rebusan daun gedi memiliki sifat emenagogue atau sifat yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

Bagi perempuan yang sering memiliki keluhan menstruasi, begitupun para ibu yang masih dalam masa nifas, sering kali disarankan mengonsumsi air rebusan daun gedi agar darah kotor dapat segera keluar dari tubuh. Namun demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut terkait manfaat daun gedi yang satu ini.

2. Melawan Sel Kanker

Daun dengan kadar air hingga 88% ini mengandung senyawa dengan efek antikanker, antioksidan, dan antiinflamasi. Mengutip alodokter.com, sejumlah riset telah membuktikan bahwa ekstrak daun gedi dapat melawan dan menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, kanker lambung, dan kanker darah.

Daun gedi bahkan dinilai berfungsi selayaknya obat anti-multiple myeloma. Namun demikian, tanaman yang banyak ditemukan di Sulawesi ini belum terbukti memiliki efektivitas yang sama dengan operasi, kemoterapi, atau terapi radiasi dalam pengobatan kanker.

3. Menurunkan Kolesterol

Daun gedi mengandung senyawa flavonoid dan steroid yang dihubungkan dengan kemampuan penurunan kadar kolesterol. Pada penelitian yang dilakukan tahun 2018 pada tikus, ekstrak daun gedi memiliki efek hipolipidemik pada senawa flavonoid dan steroid.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...