1 Inci Itu Berapa Centi? Ini Penjelasan Lengkapnya

Siti Nur Aeni
21 Juli 2022, 10:54
1 Inci Itu Berapa Centi
pixabay.com
Ilustrasi, pengukuran.

Pernyataan 1 inci itu berapa centi mungkin sering muncul di benak kita. Terlebih saat kita mendapati benda yang menggunakan inci sebagai satuan.

Misalnya, saat Anda membeli televisi, kemudian tertulis “televisi ukuran 43 inci”. Jika tidak memahami satuan inci, maka Anda perlu membuat konversi ke dalam satuan lain yaitu centimeter (cm).

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar satuan panjang khususnya inci dan cm. simak penjelasan berikut untuk dapatkan informasi selengkapnya.

Satuan Ukuran Panjang

Satuan ukuran sebenarnya sudah ditetapkan secara internasional. Tujuannya tentu saja untuk menyeragamkan ukuran di seluruh dunia. Satuan ukuran akan berbeda-beda sesuai dengan benda yang yang diukur.

Satuan ukuran panjang menurut standar internasional yaitu meter (m). Namun, pada praktiknya kita juga sering menggunakan satuan panjang lainnya yang kemudian dikenal dengan istilah tangga satuan panjang. Berikut ini tangga satuan panjang yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Kilometer
  2. Hektometer
  3. Dekameter
  4. Meter
  5. Desimeter
  6. Centimeter
  7. Milimeter

Satuan Ukuran Panjang Imperial

Selain satuan panjang yang sudah disebutkan sebelumnya, ternyata ada juga satuan panjang yang disebut satuan ukuran panjang imperial. Pada tahun 1845, pemerintah Inggris menentukan sebuah satuan standar yard imperial.

Satuan ini digunakan untuk mengukur jarak antara dua garis yang diberi tanda di atas sebatang perunggu. Sementara itu, untuk satuan yang lebih kecil seperti kaki dan inci dibuat berdasarkan ukuran yard, yang kemudian disebut dengan imperial.

Adapun beberapa satuan ukuran yang masuk dalam kelompok satuan imperial, sebagai berikut:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...