1 Liter Berapa Gelas? Begini Cara Menghitungnya

Siti Nur Aeni
22 Juni 2022, 14:35
1 Liter Berapa Gelas? Ini Cara Menghitungnya dengan Tepat
pixabay.com
Ilustrasi air minum berdasarkan ukuran gelas

Manfaat air putih sangat baik untuk kesehatan. Maka dari itu, para ahli menyarankan kita untuk minum air putih sebanyak dua liter setiap hari. Yang kemudian menjadi pertanyaan banyak orang, 1 liter berapa gelas?

Takaran air dengan menggunakan gelas ini sangat bergantung pada ukuran gelasnya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Takaran 1 Liter Air Menggunakan Gelas Belimbing

Gelas belimbing menjadi salah satu gelas yang sering digunakan masyarakat Indonesia. Gelas ini berukuran kecil hingga sedang. Gelas ini bahkan sering digunakan di warung makan, warung kopi, dan digunakan di rumah warga.

Gelas belimbing ini diketahui bisa diisi air sebanyak 200 ml. Maka dari itu, jika digunakan untuk menakar 1 liter air, perhitungannya sebagai berikut:

  • 1 gelas = 200 ml
  • 1 gelas = 0,2 liter
  • 1 gelas = 1/5 liter

Dari rincian tersebut kita bisa mengetahui bahwa jawaban atas pertanyaan 1 liter berapa gelas, yaitu setara lima gelas belimbing. Jika, kita dianjurkan minum air putih dua liter setiap hari, maka kita bisa minum air putih sebanyak sepuluh gelas belimbing setiap harinya.

Takaran 1 Liter Air Menggunakan Gelas Air Mineral

Selain menakar volume air menggunakan gelas belimbing, Anda juga bisa memanfaatkan gelas air mineral. Gelas air mineral biasanya memiliki ukuran 220 ml. Maka dari itu, cara menghitung volume air menggunakan gelas air mineral, seperti berikut:

  • 1 liter = 1000 ml
  • 1 gelas air mineral = 220 ml

Jadi, 1 liter berapa gelas air mineral? Cara menghitungnya yaitu dengan membagi 1 liter air dengan volume gelar air mineral tersebut. Hasilnya yaitu 4,5 gelas air mineral. Angka tersebut didapatkan dari 1000 / 220 = 4,5.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement