7 Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan

Image title
21 Juli 2022, 15:27
manfaat bunga matahari
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/wsj.
Ilustrasi, bunga matahari.

Manfaat bunga matahari (Helianthus annuus) dapat berpengaruh langsung bagi kesehatan. Salah satu bagian dari bunga matahari yang bermanfaat ialah bijinya. Biji bunga matahari dipanen dari kepala bunga matahari.

Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari terbungkus cangkang bergaris hitam putih, sementara bijinya berwarna putih dan memiliki tekstur yang lembut. Dikenal karena rasa kacangnya yang khas dan nilai gizinya yang tinggi, Anda bisa memakan bijinya mentah, dipanggang, atau dimasukkan ke dalam hidangan lainnya.

Mengutip Healthline, biji bunga matahari secara teknis adalah buah dari tanaman bunga matahari. Satu kepala bunga matahari dapat berisi hingga 2.000 biji.

Terdapat dua jenis utama tanaman bunga matahari. Satu jenis ditanam untuk benih yang Anda makan, sementara yang lain, yang mayoritas dibudidayakan, ditanam untuk minyak.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 1/4 cangkir biji bunga matahari panggang kering tanpa garam mengandung:

  • Kalori: 207
  • Protein: 5,8 gram
  • Lemak: 19 gram
  • Karbohidrat: 7 gram
  • Serta 3,9 gram

Biji bunga matahari tinggi akan vitamin E dan selenium. Ini berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang berperan dalam beberapa penyakit kronis.

Selain itu, biji bunga matahari adalah sumber senyawa tanaman yang bermanfaat, termasuk asam fenolik dan flavonoid, yang juga berfungsi sebagai antioksidan.

Manfaat Bunga Matahari

Mengutip pharmeasy.in, webmd.com, dan beberapa laman terkait lainnya, berikut manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat biji bunga matahari dalam meningkatkan kekebalan tubuh ada karena biji tanaman ini kaya akan vitamin E, seng, dan selenium.

Vitamin E meningkatkan respon imun dan melindungi tubuh terhadap beberapa penyakit menular. Ini juga merupakan antioksidan kuat yang dapat mencegah radikal bebas merusak sel-sel sehat dalam tubuh.

Seng berperan melindungi tubuh dari peradangan, alergi, dan patogen yang menyerang, sehingga mencegah infeksi dan meningkatkan kekebalan secara keseluruhan.

Sementara itu, selenium mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan. Ini juga membantu mengurangi stres oksidatif dari radikal bebas.

2. Meredakan Peradangan

Peradangan yang dialami oleh tubuh terbagi menjadi dua. Pertama, peradangan jangka pendek, yang merupakan respons kekebalan alami. Kedua, peradangan kronis, yang merupakan faktor risiko banyak penyakit kronis. Misalnya, peningkatan kadar protein penanda inflamasi C-reaktif dalam darah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Dalam penelitian berjudul "Nut and seed consumption and inflammatory markers in the multi-ethnic study of atherosclerosis" melaporkan bahwa mereka yang makan biji bunga matahari dan biji lainnya lima kali seminggu memiliki kadar protein C-reaktif 32% lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak makan biji-bijian.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...