Ambis Adalah Manifestasi Tekad Seseorang, Ini Penjelasan Lengkapnya

Dwi Latifatul Fajri
21 Juli 2022, 18:21
ambis adalah
Pixabay.com/jeshoots-com
Ilustrasi, seseorang yang memiliki sifat ambisius.

Ambis berasal dari kata ambisi, yang berkaitan dengan seseorang yang berusaha keras untuk mendapatkan hasil yang baik. Kata ambis ini, termasuk kata yang populer di kalangan pelajar dan mahasiswa.

Ambis memberikan dampak positif pada seseorang. Sebab, sifat ambis ini cenderung mendorong seseorang untuk berusaha sekuat tenaga demi mencapai tujuannya.

Misalnya, seorang siswa berambisi mendapatkan nilai terbaik, sehingga ia akhirnya belajar dengan tekun. Secara sederhana, ambis adalah manifestasi atau perwujudan tekad, atau cita-cita dari seseorang.

Definisi Ambis

Ambis kependekan dari ambisius. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ambisius adalah keinginan keras untuk mencapai sesuatu. Misalnya, tekad penuh ambisi untuk harapan dan cita-cita.

Mengutip dari indeed.com, ambis adalah keinginan dan tekad seseorang untuk mencapai hal besar. Orang-orang ambisius akan fokus dan kerja keras untuk menemukan kesuksesan dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Misalnya, seorang siswa berambisi mendapatkan peringkat satu. Karena ambisinya, siswa tersebut akhirnya bekerja keras untuk belajar, rajin menyelesaikan tugas, dan aktif dalam kelas. Tak hanya pelajar, mahasiswa dengan sifat ambis, juga akan melakukan upaya yang terbaik agar lulus dengan nilai memuaskan.

Kata Ambis atau ambisius bermakna positif untuk seseorang. Mereka akan berusaha untuk mewujudkan cita-cita atau keinginan. Untuk mencapai suatu tujuan, ambis membantu seseorang untuk berusaha dan bekerja keras. Ambis juga membantu meningkatkan motivasi untuk belajar dan pantang menyerah.

Cara Menjadi Ambisius

Memiliki sifat ambis diperlukan agar seseorang mampu terus maju, baik dalam hal pendidikan, maupun pekerjaan. Tentunya, sifat ambis ini harus diiringi dengan cara-cara yang baik dan tidak merugikan orang lain.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...