Manipulatif adalah Sikap yang Merugikan Orang Lain, Ini Ciri-cirinya

Siti Nur Aeni
19 Juli 2022, 21:54
manipulatif adalah
pexels.com
Ilustrasi, sifat manipulatif.

Manipulatif adalah tindakan manipulasi yang bisa menganggu kesehatan mental seseorang. Lantas, bagaimana ciri-ciri orang yang memipulatif dan bagaimana cara menghadapinya? Termukan jawabannya pada penjelasan berikut.

Pengertian Manupulatif

Jika melihat pengertian di Kamus Besar Bahasa Indonesia, manipulatif berarti bersifat manipulasi atau secara manipulasi. Sementara itu, dalam satupersen.net disebutkan bahwa seseorang yang manipulatif berarti mereka yang berupaya mengendalikan orang lain demi memperoleh keuntungan pribadi.

Advertisement

Ada banyak alasan yang melatarbelakangi seseorang melakukan tindakan manipulatif. Mulai dari keinginan untuk berkuasa, mendominasi dalam hubungan, meningkatkan harga diri, bahkan menganggap bahwa manipulasi hanyalah sebuah permainan.

Ciri-ciri Perilaku Manipulatif

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, manipulatif adalah tindakan seseorang yang ingin mengendalikan orang lain. Seseorang yang bertindak manipulatif ternyata memiliki ciri-ciri tersendiri. Berdasarkan keterangan di sehatq.com, berikut beberapa ciri tindakan manipulatif yang perlu dipahami.

1. Memutarbalikan Fakta dan Sering Berbohong

Seseorang yang berperilaku manipulatif akan cenderung sering melakukan putar balik fakta dan berbohong. Biasanya yang bersangkutan akan menyangkal tindakan atau perkataan yang pernah dikeluarkannya.

Tindakan tersebut membuat Anda mempertanyakan ingkatan diri sendiri. Ketika Anda mulai ragu, maka pelaku manipukatif akan playing victim atau melimpahkan kesalahan kepada Anda dan membuat korbannya merasa bertanggung jawab.

2. Sering Melebih-lebihkan dan Mengeneralisasi Suatu Hal

Ciri lain dari seseorang yang sering melakukan tindakan manipulatif yaitu sering melebih-lebihkan dan mengeneralisasi sesuatu. Mereka seringkali membuat tuduhan tak berdasar dan membuat Anda sulit mencari celah untuk berargumen.

3. Menyerang Kelemahan

Sesorang yang melakukan manipulatif biasanya akan melakukan tindakan yang bertujuan untuk menyerang kelemahan dan membuat korban merasa insecure. Mereka akan merasa lebih unggul dengan membuat korbannya merasa buruk. Jika tindakan ini dilakukan secara verbal, biasanya saat disalahkan mereka akan berlindung dibalik kata-kata “becanda”.

4. Melakukan Tindakan Gaslighting

Gaslighting adalah cara yang digunakan untuk membuat Anda yakin bahwa Anda tidak dapat mempercayai naluri dan pengalaman yang dimiliki. Tujuan dari tindakan ini yaitu untuk membuat Anda merasa bingung dan bertanya-tanya tentang realitas diri sendiri.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement