Cara Cek Saldo Flazz BCA Melalui ATM, EDC dan Ponsel

Image title
25 Juli 2022, 13:13
cara cek saldo Flazz BCA
bca.co.id
Ilustrasi, bentuk kartu Flazz yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi.

Dalam transaksi sehari-hari, penggunaan uang elektronik (electronic money/e-money) dewasa ini kian mendominasi. Keberadaan metode pembayaran yang satu ini semakin populer digunakan sejak hadir 2009 silam.

Sejak pertama kali hadir sebagai alat pembayaran untuk jalan tol, penggunaan e-money sudah semakin diperluas, termasuk untuk pembelanjaan di minimarket, alat pembayaran parkir hingga alat pembayaran transportasi umum.

Advertisement

Secara umum, e-money dapat diartikan sebagai alat pembayaran yang memiliki nilai uang, yang tersimpan secara elektronik dalam suatu media server atau chip. Alat pembayaran ini dikeluarkan oleh pihak perbankan dan lembaga selain bank atas perizinan dari Bank Indonesia. Dasar peraturan e-money adalah Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 tentang Uang Elektronik.

Bentuk e-money sendiri sudah bertransformasi, dari awalnya hanya tersedia dalam bentuk kartu, kini juga hadir dalam bentuk aplikasi, yang dikenal sebagai dompet elektronik atau electronic wallet (e-wallet).

Namun, penggunaan e-money dalam bentuk kartu masih populer digunakan, karena praktis, dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Salah satu e-money yang banyak digunakan saat ini adalah Flazz, yang dikeluarkan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Sekilas Flazz BCA

Seperti telah disebutkan, Flazz merupakan produk e-money yang dikeluarkan atau dirilis oleh BCA, untuk melakukan transaksi tunai sebagai pengganti uang fisik. Kartu ini menggunakan teknologi chip dari radio frequency identification atau RFID, yang mendukung pemrosesan transaksi lewat sentuhan dalam hitungan detik.

Kartu Flazz BCA bisa didapatkan dari beberapa kanal, yakni di kantor kantor cabang BCA, minimarket seperti Indomaret atau Alfamart. Selain itu, kartu ini juga bisa dibeli melalui sales representative Flazz BCA di beberapa gerbang tol tertentu.

Tak hanya itu, Flazz BCA juga bisa didapatkan atau dibeli di stasiun commuterline atau Kereta Rel Listrik (KRL), serta tersedia juga di vending machine yang khusus menyediakan e-money. Kemudian, kartu ini juga dijual oleh merchant online atau online marketplace.

Flazz BCA tergolong praktis, karena bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di beberapa tempat, tak hanya untuk pembayaran tol saja. Beberapa layanan yang mendukung pembayaran menggunakan Flazz BCA antara lain:

  • Pembayaran makanan atau minuman di tempat tertentu.
  • Belanja di minimarket dan supermarket.
  • Pembelian bahan bakar di SPBU.
  • Pembayaran parkir.
  • Pembayaran di toko buku.
  • Tempat Rekreasi.
  • Transportasi umum, seperti KRL atau Transjakarta.

Selain itu,  Flazz BCA juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran di beberapa merchant. Mengutip situs resmi BCA, kartu Flazz dapat digunakan di 57 ribu jenis merchant di Indonesia.

Keuntungan Menggunakan Flazz BCA

Seperti telah disebutkan, penggunaan Flazz BCA sudah populer digunakan di masyarakat karena praktis. Secara perinci, keuntungan menggunakan Flazz BCA adalah proses pelayanannya yang cepat. Karena berbentuk kartu, yang di dalamnya sudah tersimpan saldo, maka transaksi mudah dilakukan dalam hitungan detik, tanpa menghitung uang tunai.

Kemudian, transaksi pembayaran bisa dilakukan dengan aman. Ini juga memudahkan penjual, karena tidak perlu mengecek keaslian uang untuk pembelian dalam nominal yang besar.

Selain itu, Flazz BCA juga dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi bernilai kecil dengan frekuensi yang tinggi, seperti membayar tol, tiket transportasi umum, membayar parkir, pembayaran untuk fast food, dan transaksi lainnya. Keberadaan kartu ini juga mencegah risiko pencurian, atau perampokan karena seseorang tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak.

Kemudian, Flazz BCA dapat dimiliki oleh siapapun, tanpa perlu menjadi nasabah BCA. Kartu ini juga dapat dipindahtangankan dan digunakan oleh siapa saja untuk melakukan pembayaran atau transaksi.

Bagi pemerintah, keberadaan e-money seperti Flazz BCA ini juga mendatangkan keuntungan, karena mampu mengurangi peredaran uang palsu di masyarakat.

Cara Cek Saldo Flazz BCA

Sama seperti uang fisik, untuk bisa digunakan, seseorang juga perlu mengecek apakah saldo atau dana yang tersedia dalam Flazz BCA cukup atau tidak untuk melakukan transaksi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement