8 Cara Menghadapi Nepotisme di Tempat Kerja

Siti Nur Aeni
19 Juli 2022, 09:48
nepotisme
Shutterstock
Ilustrasi, seorang staf human resources (HR) melakukan wawancara kerja dengan calon karyawan via online.

Apakah Anda pernah mendengar istilah nepotisme. Istilah ini biasanya disandingkan pada istilah korupsi dan kolusi yang sudah lebih familiar di telinga kita semua. Lantas, sebanarnya apa yang dimaksud dengan nepotisme? Temukan jawabannya pada penjelasan berikut.

Pengertian Nepotisme

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nepotisme memiliki tiga makna, yakni sebagai berikut:

  1. Perilaku yang memperlihatkan kesukaan yang berlebih kepada kerabat dekat.
  2. Kecenderungan untuk mengutamakan (menguntungkan) sanak saudara sendiri terutama dalam jabatan, pangkat di lingkungan pemerintahan.
  3. Tindakan memilih kerabat atau sanak saudara sendiri untuk memegang pemerintahan.

Sementara itu jika mengacu pada Undang-undang (UU) Nomor 28 Tahun 1999, nepotisme diartikan sebagai setiap perbuatan penyelenggara negara secara melawan hukum yang menguntungkan keluarganya dan atau kroninya di atas kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa nepotisme adalah perilaku mengistimewakan anggota keluarga atau orang terdekat untuk menempati sebuah posisi penting dalam lembaga, instansi, atau organisasi tertentu.

Cara Menghadapi Nepotisme di Tempat Kerja

Nepotisme menjadi tindakan yang sering dijumpai di kehidupan sehari-hari. Tak hanya di lembaga pemerintahan, nepotisme juga bisa terjadi di mana saja, tak terkecuali di tempat kerja. Lantas, bagaimana cara menghadapi nepotisme di tempat kerja? Mengutip dari glints.com, berikut penjelasannya.

1. Melakukan Observasi

Apabila Anda mendapati isu nepotisme di kantor, maka tak ada salahnya untuk melakukan observasi pada karyawan yang mempunyai anggota keluarga atu kerabat di perusahaan tersebut. Anda bisa mencatat kejanggalan dalam pekerjaan mereka. Dengan melakukan observasi mendalam, maka Anda bisa mengetahui pihak-pihak yang diindikasikan melakukan nepotisme.

2. Melakukan Penilaian Kompetensi

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi nepotisme yaitu dengan melakukan penilaian kompetensi terhadap karyawan yang bekerja. Apabila memiliki kompetensi yang sesuai dengan posisi, tentu saja hal tersebut bukan sebuah masalah. Yang menjadi masalah yaitu saat ada karyawan yang tidak berkompeten namun berkerja di posisi tersebut.

3. Berdiskusi dengan HR dan Manajer

Apabila Anda menemukan kejanggalan yang berkaitan dengan nepotisme, tak ada salahnya untuk melakukan diskusi atau dialog dengan HR maupun manajer. Meskipun demikian, sebelum melakukan diskusi, alangkah baiknya Anda sudah mengetahui kepastian isu atau berita nepotisme tersebut.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...