Worksheet Adalah Lembaran Baris, Ini Bedanya dengan Workbook

Dwi Latifatul Fajri
29 Juli 2022, 16:32
Worksheet adalah
unspalsh.com
Ilustrasi, Miicrosoft Excel

Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data. Pemakaian Microsoft Excel digunakan untuk menghitung dan mengolah data terutama dalam dunia kerja. Dalam Excel ada worksheet dan workbook untuk membangun formula.

Aplikasi Excel berbeda dengan Word dari segi fungsi. Word dipakai untuk mengolah teks dan kata, sementara Excel dipakai untuk mengolah angka. Dalam aplikasi Excel ada berbagai baris untuk mengolah data angka. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Worksheet

Worksheet adalah lembaran kertas berupa baris yang terdapat dalam Excel. Worksheet disebut juga lembar kerja dalam Excel yang terdiri dari 256 kolom dan 65.536 baris.

Lembar kerja ini dipakai untuk memasukkan data, membuat chart, memasukkan formula, dan membuat tabel. Worksheet merupakan bagian kecil dari Workbook dalam Excel.

Ketika membuka aplikasi Excel, anda akan menemukan nomor baris (Rows) dan kolom (Column). Kolom dimulai dari huruf A. Setiap sel ini berisi teks, formula, dan angka.

Lembar kerja Worksheet dibagi lagi menjadi baris dan kolom. Mengutip dari kelasexce.id, pertemuan baris dan kolom ini disebut cell excel. Perlu diketahui kolom dimulai dari huruf A berlanjut ke huruf lainnya. Kolom adalah bagian melintang dari atas ke bawah.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...