Panduan Membuat Pivot Table pada Microsoft Excel

Pivot table mampu menghitung, menganalisis, hingga meringkas suatu data pada Microsoft Excel. Berikut pengertian, fungsi, dan cara membuat pivot table.
Image title
23 November 2021, 16:27
Ilustrasi penggunaan pivot table.
Pexels.com/Fauxels
Ilustrasi penggunaan pivot table.

Pivot table adalah fitur yang digunakan untuk menghitung, meringkas, dan menganalisis data pada program aplikasi Microsoft Excel. Alat ini memungkinkan pengguna melihat perbandingan, pola, dan tren pada sebuah data.

Pengertian Pivot Table

Pivot table merupakan fitur excel yang memungkinkan pengguna mengambil informasi secara efisien dari himpunan data dalam jumlah besar. Di samping itu, fitur ini juga sering digunakan untuk mengelompokkan atau meringkas data.

Pivot table berupa tabel interaktif yang mampu menampilkan ringkasan dari suatu data berjumlah besar. Artinya, fitur ini dapat mengkalkulasi setiap item yang ditampilkan.

Pivot table dapat melakukan kalkulasi berbentuk data, mengubahnya menjadi pivot chart, memindahkan field ke lokasi yang berbeda, dan masih banyak lagi.

Advertisement

Sederhananya, pivot table berfungsi untuk membuat suatu data menjadi lebih ringkas saat disajikan, tentunya dengan berdasar pada parameter yang diberikan sesuai kebutuhan data.

Cara Membuat Pivot Table

Mengutip support.microsoft.com, ada beberapa langkah yang mesti dilalui untuk membuat pivot table di Windows. Adapun langkah tersebut, yakni:

  • Pilih sel yang diinginkan untuk membuat pivot table. Pastikan data tersebut tidak memiliki baris atau kolom kosong. Data hanya boleh memiliki baris tunggal.
  • Pilih Sisipkan > PivotTable
  • Pada menu Pilih Data yang Ingin Anda Analisis, klik Pilih sebuah Tabel atau Rentang.
  • Dalam Tabel/Rentang, verifikasi rentang tersebut.
  • Pada pilihan Pilih Tempat yang Anda Inginkan untuk Meletakan Laporan PivotTable, pilih Lembar Kerja Baru untuk meletakkan PivotTable dalam lembar kerja baru atau Lembar Kerja yang Sudah Ada, lalu pilih lokasi yang diinginkan untuk membua PivotTable.
  • Klik Ok.

Untuk menambahkan bidang ke pivot table, dapat dilakukan dengan mencentang kotak nama bidang di panel bidang pivot table. Bidang yang dipilih akan ditambahkan ke area default.

Bidang non-numerik akan ditambahkan ke “baris”, tanggal dan waktu akan ditambahkan ke “kolom”, dan bidang numerik ditambahkan ke “Nilai”. Untuk memindahkan bidang dari satu area ke yang lain, seret bidang ke area target.

Membuat Pivot Table secara Manual

Untuk membuat pivot table secara manual dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Klik sel pada data atau rentang tabel.
  • Masuk ke Sisipkan > PivotTable. Jika menggunakan excel untuk Mac 2011 dan versi sebelumnya, tombol PivotTable berada di tab Data dalam grup Analisis.
  • Excel akan menampilkan dialog Buat PivotTable dengan rentang atau nama tabel yang dipilih.
  • Di bagian Pilih tempat Anda ingin meletakkan laporan PivotTable, pilih Lembar KerjaBaru, atau Lembar Kerja yang Sudah Ada. Untuk lembar kerja yang sudah ada, pilih sel yang diinginkan untuk meletakkan PivotTable.
  • Klik Ok.
  • Selanjutnya, excel akan membuat pivot table kosong, dan menampilkan daftar bidang pivot table.

Menggunakan Pemotong untuk Mem-filter Data

Dalam pivot table, tersedia fitur pemotong yang dapat digunakan untuk mem-filter tabel. Selain itu, pemotong menunjukkan status filter yang memudahkan pengguna memahami data yang ditampilkan.

Pengguna dapat menggunakan pemotong untuk mem-filter data dalam tabel atau PivotTable dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik di mana saja dalam tabel atau PivotTable.
  • Pada tab Beranda, masuk ke Sisipkan> Pemotong.
  • Dalam kotak dialog Sisipkan Pemotong, centang kotak untuk bidang yang ingin ditampilkan, lalu pilih Ok.
  • Pemotong akan dibuat untuk setiap bidang yang dipilih. Dengan mengklik salah satu tombol pemotong, maka akan secara otomatis menerapkan filter tersebut ke tabel yang ditautkan atau pivot table.
  • Pengguna dapat menyesuaikan preferensi pemotong di tab Pemotong (dalam versi excel yang lebih baru), atau tab Desain (excel 2016 dan versi yang lebih lama).
  • Jika ingin menyambungkan pemotong ke lebih dari satu pivot table, masuk ke Pemotong > Koneksi Laporan > periksa pivot table untuk disertakan, lalu pilih Ok.

Fitur pemotong pada pivot table biasanya menampilkan komponen sebagai berikut:

  • Header pemotong menunjukkan kategori item di pemotong.
  • Tombol filter yang tidak dipilih menunjukkan bahwa item tidak disertakan dalam filter.
  • Tombol filter yang dipilih menunjukkan bahwa item disertakan dalam filter.
  • Tombol hapus filter menghapus filter dengan memilih semua item di pemotong.
  • Bilah gulir memungkinkan pengguliran ketika terdapat banyak item yang terlihat di pemotong.
  • Memindahkan batas dan mengubah ukuran kontrol untuk mengubah ukuran dan lokasi pemotong.

Jika data baru ditambahkan ke sumber data pivot table, setiap pivot table yang dibuat berdasarkan sumber data tersebut perlu disegarkan atau di-refresh. Untuk me-refresh hanya satu pivot table, klik kanan di mana saja dalam rentang pivot table, lalu pilih refresh.

Jika terdapat beberapa pivot table, pilih sel mana saja dalam salah satu pivot table tersebut, kemudian, masuk ke Analisis PivotTable > klik panah di bawah tombol refresh, lalu pilih Refresh Semua.

Jika sudah membuat pivot table, namun memutuskan untuk menghapusnya, cukup pilih seluruh rentang pivot table, lalu tekan Hapus. Cara ini tidak akan berpengaruh pada data lain, pivot table lain, atau bagan di sekitarnya.

Jika pivot table berada di lembar yang terpisah dan tidak mempunyai data lain yang ingin disimpan, menghapus lembar tersebut merupakan cara tercepat untuk menghapus pivot table.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait