Panduan Membuat Pivot Table pada Microsoft Excel

Image title
13 November 2023, 12:40
Ilustrasi penggunaan pivot table.
Pexels.com/Fauxels
Ilustrasi penggunaan pivot table.

Pivot table adalah fitur yang digunakan untuk menghitung, meringkas, dan menganalisis data pada program aplikasi Microsoft Excel. Alat ini memungkinkan pengguna melihat perbandingan, pola, dan tren pada sebuah data.

Pivot table juga memudahkan pengguna untuk  mengubah data mentah menjadi informasi yang lebih bermakna dan mudah dipahami. 

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat pivot table dalam Excel.

Pengertian Pivot Table

Pivot table merupakan fitur excel yang memungkinkan pengguna mengambil informasi secara efisien dari himpunan data dalam jumlah besar. Di samping itu, fitur ini juga sering digunakan untuk mengelompokkan atau meringkas data.

Pivot table berupa tabel interaktif yang mampu menampilkan ringkasan dari suatu data berjumlah besar. Artinya, fitur ini dapat mengkalkulasi setiap item yang ditampilkan.

Pivot table dapat melakukan kalkulasi berbentuk data, mengubahnya menjadi pivot chart, memindahkan field ke lokasi yang berbeda, dan masih banyak lagi.

Sederhananya, pivot table berfungsi untuk membuat suatu data menjadi lebih ringkas saat disajikan, tentunya dengan berdasar pada parameter yang diberikan sesuai kebutuhan data.

Komponen Pivot Table

Ada empat komponen utama dalam Pivot Table, antara lain:

  • Rows

Rows berfungsi menampilkan data yang ingin diletakkan di baris horizontal (kiri ke kanan).

  • Column

Column berfungsi menampilkan data yang ingin diletakkan di baris vertikal (atas ke bawah).

  • Filters

Filters berfungsi untuk memilih atau menyaring informasi tertentu yang ingin ditampilkan.

  • Values

Values berfungsi menampilkan informasi yang telah dirangkum dari baris dan kolom. Pilihan values meliputi jumlah, rata-rata, minimum dan maksimum

Cara Membuat Pivot Table

Dikutip dari laman resmi Microsoft Support, ada beberapa langkah yang mesti dilalui untuk membuat pivot table di Windows. Adapun langkah tersebut, yakni:

  • Buka Data yang Ingin Diolah

Dalam membuat Pivot Table, data yang ingin diolah harus dipastikan punya penempatan yang jelas. Jadi, data harus ditata dalam kolom dengan satu baris header agar lebih mudah untuk diolah seperti ilustrasi di bawah ini:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement