Arti Mimpi Buang Air Besar dari Perspektif Islam dan Primbon Jawa

Image title
29 Agustus 2022, 18:26
arti mimpi buang air besar
Freepik
Ilustrasi, tidur.

Arti mimpi buang air besar secara detail ditulis oleh seorang ulama yang bernama Imam Abu Bakar bin Muhammad al-Hanafi al-Ihsa’i dalam kitab Tanbih al-Afham bi Ta’wil al-Ahlam.

Dalam tulisannya yang rangkum secara singkat oleh situs Bincang Syariah, ada sejumlah fakta unik mengenai arti mimpi buang air besar. Agar menjadi penyeimbang, dalam tulisan ini juga dijabarkan mengenai arti mimpi buang air besar dari kitab Primbon dari tradisi Jawa.

Advertisement

Berikut sejumlah rangkuman arti mimpi buang air besar yang bisa menjadi pertanda dari sejumlah kejadian, dilihat dari perspektif agama Islam dan primbon Jawa.

Arti Mimpi Buang Air Besar dalam Perspektif Islam

Dalam perspektif agama Islam, setidaknya ada tujuh arti mimpi buang air besar. Ketujuh arti ini mulai dari karena adanya ketakutan yang berlebihan dalam diri seseorang, hingga pertanda bahwa seseorang akan mengeluarkan begitu banyak pengeluaran.

1. Mimpi Buang Air Besar dari Referensi Ulama

Arti mimpi buang air besar yang perama mengutip pernyataan dari seorang ulama Imam Abu Bakar bin Muhammad al-Hanafi al-Ihsa’i dalam kitab Tanbih al-Afham bi Ta’wil al-Ahlam, yang dilansir dari laman Bincang Syariah, mimpi buang air besar itu menandakan dua hal. Apa saja maknanya? Antara lain?

Pertama, orang yang mimpi itu sedang mengalami ketakutan karena penguasa atau atasannya yang menekan. Kedua, orang yang mimpi itu pertanda akan mengalami kerugian dalam usahanya.

2. Mimpi Buang Air Besar Berdasarkan Lokasi

Masih dilansir dari Imam Abu Bakar al-Hanafi al-Ihsa’i juga juga memberikan tafsir mimpi orang buang air besar di suatu tempat yang dikenal itu pertanda bahwa dia akan menginfakkan hartanya berdasarkan hawa nafsu.

Di sisi lain, apabila mimpi buang air besar di tempat yang tidak dikenal, itu pertanda bahwa dia akan mengeluarkan harta yang haram untuk sedekah.

3. Mimpi Buang Air Besar hingga Terkena Salah Satu Kain di Pakaian

Barang siapa yang bermimpi buang air besar di pakaian itu pertanda jika dia akan melakukan perbuatan dosa. Meski demikian, bila mimpi buang air besar di kasur, itu pertanda jika dia akan mengalami sakit keras atau bercerai dengan pasangannya. Bila mengalami mimpi ini, bisa jadi waktunya untuk mengevaluasi diri terutama pada kondisi hubungan dengan pasangan.

4. Mimpi Buang Air Besar di Tempat Terbuka

Masih dari tulisan Imam Abu Bakar, apabila seseorang bermimpi mengeluarkan hajat besar di tempat terbuka, kemudian kotorannya itu ditutupi dengan debu, itu pertanda bahwa dia akan menyimpan harta di suatu tempat.

5. Mimpi Buang Air Besar Lalu Melahapnya

Imam Abu Bakar juga mengartikan orang yang bermimpi memakan kotoran bahwa dirinya akan mendapatkan harta haram atau mengungkapkan perkataan kotor yang akhirnya disesalinya sendiri.

6. Mimpi Buang Air Besar Namun yang Keluar Bukan Feses

Ada juga arti mimpi buang hajat, tetapi yang keluar bukanlah feses alias kotoran, melainkan hewan. Itu pertanda jika dia akan mendapatkan anak yang baik. Sementara itu, orang yang bermimpi menduduki kotoran itu pertanda jika dia akan mendapatkan harta dari kerabat atau akan mendapatkan warisan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement