Arti Mimpi Gigi Copot dari Pandangan Islam hingga Psikologi

Image title
28 September 2021, 15:00
Ilustrasi mimpi gigi copot.
Pexels.com (Karolina Grabowska)
Ilustrasi mimpi gigi copot.

Mimpi merupakan sesuatu yang umum terjadi dalam hidup manusia. Mimpi terjadi ketika manusia memenuhi kebutuhannya untuk beristirahat atau tidur. Selama waktu istirahat tersebu, mimpi kerap datang sebagai bunga tidur, baik dalam bentuk menyenangkan atau justru mengerikan. Mimpi gigi copot jadi salah satunya, yang cenderung ditafsirkan ke dalam berbagai arti.

Mimpi gigi copot adalah jenis mimpi yang memiliki beberapa simbol, umumnya sebagai pertanda hilangnya suatu hubungan antara seseorang dengan yang lainnya. Mengutip Your Chinese Astrology, di kalangan masyarakat Cina atau beberapa negara barat, mimpi gigi copot merupakan tanda akan adanya musibah yang menimpa anggota keluarga.

Advertisement

Dalam buku Cina kuno berjudul The Interpretation of Dreams oleh Duke of Zhou, disampaikan bahwa kehilangan gigi adalah simbol dari “sesuatu yang menyedihkan dalam keluarga”. Alam bawah sadar akan memberitahu bahwa orang tua dapat meninggal, karena simbol kehilangan gigi berarti hilangnya jaringan tulang yang tersingkap di luar. Kehilangan gigi berarti tulang dan daging berpisah.

Sementara itu, mengutip Express UK, seorang ahli mimpi, peneliti, dan penulis terkait hal-hal spiritual, mimpi, dan paranormal, Theresa Cheung menilai mimpi gigi copot sebagai tanda seseorang sedang merasakan ketakutan hingga terbawa ke alam mimpi.

Mimpi gigi copot juga dapat dibagi menjadi dua, yakni gigi atas copot dan gigi bawah copot.

Arti Mimpi Gigi Atas Copot

Kehilangan gigi atas kerap diartikan sebagai tanda akan datanganya bencana atau musibah yang menimpa keluarga, dalam hal ini merujuk ke anggota keluarga yang lebih tua. Namun, banyak interpretasi mimpi copot gigi atas lainnya, mulai dari pernikahan hingga bisnis. Adapun jenisnya sebagai berikut:

  • Apabila gigi atas copot namun Anda tidak mengalami perasaan apa pun, berarti Anda sedang mengalami suatu perubahan yang tidak berefek buruk pada kehidupan.
  • Mimpi gigi atas copot juga bisa menjadi pertanda hubungan Anda dengan orang yang lebih tua sedang tidak baik-baik saja atau tengah berselisih.
  • Jika gigi atas copot dan berdarah, maka itu pertanda orang tua Anda mungkin akan memperoleh rezeki tak terduga dan Anda pun akan merasakan manfaatnya.
  • Wanita yang bermimpi gigi atas copot sering diartikan akan segera menikah. Hanya saja, mertua mungkin tidak menyukai hubungan tersebut, sehingga sering menjadi penghambat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
  • Apabila pria yang memimpikannya, maka hal ini merupakan pertanda adanya beberapa masalah dalam hubungan interpersonal.
  • Jika Anda seorang investor, itu merupakan pertanda Anda akan mengalami keuntungan dan manfaat dari investasi dalam waktu dekat.

Arti Mimpi Gigi Bawah Copot

Secara umum, arti mimpi kehilangan gigi bawah adalah simbol bahwa kesehatan fisik anak-anak Anda tidak begitu baik. Mereka yang mengalami mimpi ini disarankan untuk lebih memperhatikan kesehatan keluarganya.

Di samping itu, ada beberapa penafsiran lainnya, seperti:

  • Wanita yang bermimpi kehilangan gigi bawah disebut sebagai peringatan untuk memperhatikan kesehatan anak perempuannya. Sementara bagi pria, itu menandakan bahwa dia harus memperhatikan hubungan interpersonalnya, terutama dengan bawahan. Mereka juga disarankan untuk tidak terlalu meributkan hal-hal kecil secara berlebihan.
  • Seorang pedagang yang bermimpi kehilangan gigi bawah merupakan bentuk peringatan bahwa mereka harus fokus pada arus kas guna menghindari situasi keuangan yang tidak diinginkan.
  • Bagi wanita hamil, mimpi kehilangan gigi bawah mengingatkan bahwa Anda harus tetap sehat agar tidak mempengaruhi bayi Anda.
  • Jika seorang pasien mengalami mimpi ini, berarti kondisi Anda belum akan membaik dan beberapa infeksi mungkin terjadi. Anda bahkan harus berhati-hati agar penyakit yang diderita tidak menular ke orang-orang tercinta.
  • Investor yang bermimpi kehilangan gigi bawah merupakan indikasi penurunan keberuntungan. Meskipun saluran untuk mendapatkan tambahan penghasilan meningkat, Anda juga berpotensi mengeluarkan banyak uang, khususnya dalam hal transportasi.
  • Jika seorang lajang bermimpi kehilangan gigi bagian bawah, itu melambangkan bahwa cinta Anda sedang dalam tahap refleksi.

Mimpi Gigi Copot dalam Perspektif Islam

Dalam Islam, kehadiran mimpi dipercaya datang dari dua hal, yakni dari bisikan setan dan dari Allah SWT sebagai sebuah petunjuk.

Dalam sebuah kitab kompilasi tafsir mimpi Mu’jam Tafsir al-Ahlam, Abdul Ghani al-Nabulsi menyebutkan, "gigi dalam mimpi menunjukan 'ujung atau batas ajal’ dan umur yang ditetapkan untuknya. Adapun seluruh gigi (yang dimiliki manusia) menunjukan keluarga, kerabat, pelayan, dan anak perempuan”.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement