7 Film Horor Indonesia Terbaik dan Terlaris per Agustus 2022

Image title
31 Agustus 2022, 12:36
film horor Indonesia terbaik
IMDb
Ilustrasi, salah satu adegan dalam film Pengabdi Setan 2: Communion (2022), film horor Indonesia terbaik 2022

Pada 2022, banyak film horor Indonesia yang dirilis dan laris diserbu penonton. KKN di Desa Penari menjadi film horor sekaligus film Indonesia terlaris. Tingginya minat masyarakat terhadap film horor membuat industri ini terus melejit.

Keunikan film horor terletak pada elemen misteri, kengerian, teror, dan kejutan yang menciptakan ketegangan. Dengan pengaturan pencahayaan, kostum, dan suara yang menakutkan, film horor mampu membawa penonton larut ke dalam cerita.

Berikut film horor Indonesia terbaik dan terlaris per Agustus 2022.

1. Pengabdi Setan 2: Communion

Pengabdi Setan 2: Communion merupakan film horor Indonesia terbaik 2022. Sukses menarik 5.577.811 penonton, sekuel film Pengabdi Setan ini masih mengikuti kisah keluarga Rini. Dalam film, Rini, ayah, dan adik-adiknya pindah ke sebuah rumah susun pada tahun 1984. Mereka berhasil menyelamatkan diri dari musibah menyeramkan yang memakan nyawa sang ibu dan si bungsu Ian.

Mereka berharap dapat hidup nyaman dan aman di rumah susun yang dihuni banyak orang. Namun, mereka tidak mengenal siapa saja tetangga mereka. Suatu hari, BMKG mengumumkan akan ada badai hebat. Keluarga Rini memutuskan untuk tetap tinggal di lantai atas rusun itu.

Tak disangka, teror tetap menghantui mereka. Berbagai kejadian menakutkan satu per satu muncul, mencoba mengusik keluarga Rini, terutama para pengganggu yang bukan manusia.

2. KKN di Desa Penari

KKN di Desa Penari layak menjadi salah satu film horor Indonesia terbaik. Film ini juga merupakan film Indonesia terlaris per Agustus 2022 dengan jumlah penonton mencapai 9.233.847 orang, menurut data Filmindonesia.or.id. Film ini diadaptasi dari salah satu cerita horor yang viral pada 2019 melalui Twitter. Menurut sang penulis, cerita ini diangkat dari kisah nyata tentang lima orang mahasiswa yang tengah melakukan program KKN (Kuliah Kerja Nyata) di sebuah desa terpencil yang disebut Desa Penari.

Para mahasiswa telah diperingatkan untuk tidak melewati batas gerbang terlarang. Namun, beberapa dari mereka tak mengindahkan peringatan tersebut, hingga serentetan pengalaman janggal dan menakutkan pun menghantui mereka. Program KKN mereka pun berakhir tragis.

 

3. Ivanna

Film Ivanna ditonton sebanyak 2.951.204 orang, menjadikannya film horor Indonesia terlaris ketiga di tahun 2022. Film horor ini diadaptasi dari novel Merintih Berang Ivanna Van Dijk karya Risa Saraswati dan merupakan spin off dari film Danur 2: Maddah.

Ivanna mengisahkan Ambar dan keluarganya yang mengalami kejadian aneh saat mereka merayakan lebaran di daerah Bandung. Ambar yang memiliki keterbatasan penglihatan, ternyata mampu melihat hal-hal yang tak kasatmata.

Keluarga Ambar diteror sosok hantu bernama Ivanna, wanita cantik asal Belanda yang berambut pirang. Hantu Ivanna sangat membenci orang-orang berparas Melayu, perempuan cantik, dan keluarga bahagia. Itu karena Ivanna merupakan korban ketidakadilan pada masa transisi antara kolonial Belanda dan Jepang.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement