7 Strategi dan Cara Jualan Online yang Menguntungkan Bagi Pemula

Image title
2 September 2022, 20:50
cara jualan online
Halosis
ilustrasi, strategi dan cara jualan online.

Cara jualan online bisa menjadi solusi terbaik, khususnya bagi Anda yang ingin memulai usaha namun memiliki modal sedikit. Jualan online sendiri merupakan salah satu jenis usaha yang kini mulai banyak diminati sebagian besar orang.

Pada dasarnya cara jualan online memiliki banyak perbedaan dengan metode berjualan konvensional. Salah satu perbedaan yang paling terlihat adalah tempat untuk menjajakan barang dagangan.

Advertisement

Untuk berjualan online, pengusaha akan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan lainnya sebagai marketplace. Selain itu, ada juga beberapa platform e-commerce pilihan yaitu Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, serta masih banyak lagi yang sering digunakan untuk berjualan online.

Mengingat sarana penjualan yang sangat berbeda, tentunya strategi dan cara jualan online harus dipahami oleh pemula yang ingin menggeluti bisnis ini. Tidak hanya untuk mencari keuntungan, jika memahami metode berjualan online yang benar maka potensi bisnis Anda bisa jadi lebih berkembang.

Apabila Anda pensaran dengan strategi dan cara jualan online yang menguntungkan, berikut Katadata.co.id sudah merangkumnya dalam pembahasan di bawah ini.

Potensi Usaha Jualan Online di Indonesia

RENCANA BEA MATERAI UNTUK BELANJA DARING
RENCANA BEA MATERAI UNTUK BELANJA DARING (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.)

 

Belanja daring atau online shop adalah aktivitas membeli produk atau jasa melalui internet. Semua ini mencakup kegiatan pemesanan produk di situs web atau e-commerce. Barang maupun jasa yang dipesan kemudian akan dibayar secara online melalui kartu kredit atau debit.

Mengutip Marketbusinessnews.com, popularitas online shopping diprediksi akan semakin meningkat pesat setiap tahunnya. Bahkan, beberapa ahli ritel di luar sana percaya kalau online shopping akan segera menyalip belanja tradisional dalam hal moneter.

Di Indonesia aktivitas online shopping sendiri sudah sangat familiar. Berdasarkan laporan Survei Status Literasi Digital di Indonesia yang dilakukan oleh Katadata Insight Center (KIC) bersama Kominfo, hampir semua responden dalam survei tersebut pernah berbelanja di platform marketplace. Hanya sekitar enam persen responden yang mengaku tidak pernah memakai lokapasar untuk berbelanja.

Dalam laporan survei tersebut menampilkan frekuensi belanja online masyarakat Indonesia. Hasilnya, 37,9 persen responden mengaku belanja secara daring beberapa bulan sekali. Kemudian ada sekitar 27 persen yang melakukan online shopping sebulan sekali.

Sedangkan sisanya, sekitar 14 persen responden melakukan online shopping antara dua sampai tiga bulan sekali. Lalu yang mengaku berbelanja setiap hari menggunakan marketplace tercatat cukup sedikit. Yakni hampir dua persen responden.

Pertanyaannya, apa hubungan hasil survei tersebut dengan strategi dan cara jualan online yang dibahas dalam artikel ini? Berdasarkan laporan yang dipaparkan di atas, Anda dapat mengetahui seberapa sering masyarakat melakukan online shopping

Dengan memahami data tersebut, bisa disimpulkan bahwa hampir setiap bulannya ada saja orang yang melakukan online shopping. Itu artinya, Anda harus cermat dalam menentukan strategi apa dan bagaimana cara jualan online yang bisa mendatangkan pembeli.

Untuk membantu Anda memilih strategi dan cara jualan online yang tepat, simak pembahannya di bawah ini.

Strategi dan Cara Berjualan Online untuk Pemula  

Strategi dan cara jualan online harus Anda pahami dengan baik sebagai pengusaha pemula. Terlebih lagi saat ini sebagian besar orang mulai beralih ke jualan online. Singkatnya, kompetitor akan semakin banyak serta persaingan bakal tambah ketat.

Dilansir dari Forbes dan dihimpun dari sumber lainnya, berikut strategi dan cara jualan online untuk pemula yang bisa Anda coba:

1. Menentukan Ide Usaha dengan Riset Produk

Untuk memulai usaha jualan online, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan ide usaha dengan riset produk. Mengapa tidak langsung saja menentukan ide usaha? Jawabannya tentu tidak semudah itu.

Logikanya saat ingin menawarkan sebuah barang atau layanan jasa, Anda harus mengetahui seberapa besar peluang yang dimiliki oleh produk tersebut. Apakah produk ini nantinya bisa laku terjual atau tidak. Kemudian, berapa besar cost yang diperlukan untuk memproduksinya.

Semua itu perlu direncanakan sebaik mungkin agar Anda setidaknya tidak mengalami kerugian begitu besar, ketika memulai jualan online. Metode sederhana untuk menentukan ide jualan online adalah dengan melakukan riset produk.

Menurut Hotjar, riset produk adalah proses mengumpulkan informasi mengenai tujuan produk yang akan dibuat. Ini meliputi juga bagaimana arah pengembangan produk kedepannya dan mengukur seberapa jauh produk tersebut diminati atau dibutuhkan konsumen.

Mulailah melakukan riset produk apa saja yang laku untuk jualan online. Bagi seorang pemula, Anda bisa mencari beberapa riset produk yang dipublikasikan di internet. Setelah itu, Anda baru bisa menentukan ide usaha yang cocok dan sesuai keinginan. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement