4 Cara Cek Layar Samsung dengan Mudah

Image title
5 September 2022, 18:21
cara cek layar samsung
Instagram/@SamsungIndonesia
Ilustrasi, Samsung Galaxy S21

Cara cek layar Samsung sangat mudah dilakukan. Penggunanya bisa memakai kode khusus tertentu atau menggunakan aplikasi untuk mengecek layar handphone (hp) Samsung.

Sebagai vendor smartphone terpopuler di Indonesia, Samsung sudah menyediakan fitur untuk mengecek layar ponsel produksinya. Cara mengecek layar Samsung dipakai guna mencari tahu masalah yang ada pada ponsel tersebut.

Masalah yang sering terjadi di layar hp Samsung biasanya adalah shadow. Kondisi ini terjadi saat layar smartphone berubah warna. Sebenarnya kejadian layar shadow ini tidak hanya terjadi pada ponsel keluaran Samsung saja. Beberapa hp dengan sistem Android mengalami hal serupa.

Selain masalah tersebut, cek layar Samsung juga bisa dipakai untuk melihat  kinerja dari beberapa fitur pada smartphone tersebut.  Bagaimana cara mengecek layar Samsung? Berikut rangkumannya.

Ragam Cara Cek Layar Samsung

Hampir semua jenis ponsel pintar yang diproduksi Samsung memiliki alat diagnostik bawaan untuk memastikan kondisi hp tersebut. Menurut Gadget Hacks, sebagian besar ponsel terutama dari seri Galaxy memiliki kode rahasia untuk mengakses fitur diagnostik tersebut.

Selain mengecek layar Samsung, kode rahasia ini juga bisa digunakan untuk mengecek apakah ponsel tersebut masih baru atau tidak.

Untuk mengetahui cara cek layar Samsung dengan kode rahasia tersebut, simak penjelasannya di bawah ini:

1. Menggunakan Kode Rahasia

Menurut Pcmag, kode rahasia untuk cek layar Samsung adalah *#0*#. Fitur ini bisa diakses dengan memasukan kode tersebut pada keypad.

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh pengguna hp Samsung adalah membuka aplikasi Telepon. Kemudian ketuk Papan Tombol, lalu ketik * #0*# . Seketika layar diagnostik muncul dengan tombol untuk berbagai tes.

Dalam alat diagnostik tersebut, pengguna hp Samsung bisa melakukan beberapa tes. Untuk lebih jelasnya, berikut rinciannya:

  • Ketuk Red, Green, atau Blue untuk menguji warna piksel.
  • Ketuk Receiver untuk memeriksa audio.
  • Ketuk Vibration untuk mencoba fitur getar.
  • Ketuk Sensor untuk menguji akselerometer dan sensor lainnya. 
  • Untuk menguji layar sentuh, ketuk Touch lalu gerakkan jari di sekitar layar untuk menguji layar sentuh.
  • Ketuk Low Frequency untuk menguji suara berfrekuensi rendah.
  • Setelah pengujian dirasa selesai, sentuh layar atau ketuk tombol back untuk kembali ke layar utama. 

2. Menggunakan Samsung Members 

Masih mengutip Pcmag, untuk mengecek layar hp Samsung bisa menggunakan beberapa aplikasi. Contohnya seperti Samsung Members, sebuah aplikasi gratis yang disediakan oleh Samsung.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...