Memahami Cara Cek Bansos Kemensos Terbaru 2022

Image title
6 September 2022, 12:19
cek bansos, bansos
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.
Ilustrasi, warga penerima bantuan langsung tunai (BLT) pengalihan subsidi BBM tahap pertama menunjukkan uang yang ia terima di Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (2/9/2022).

Cara cek bansos Kemensos kini banyak dicari orang. Khususnya setelah pemerintah secara resmi mengumumkan kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak).

Sejak Sabtu, 3 September 2022, harga BBM subsidi secara keseluruhan mengalami perubahan. Sebagai contoh, saat ini harga Pertalite naik dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10 ribu per liter. Lalu untuk harga Solar yang sebelumnya Rp 5.150, sekarang naik menjadi Rp 6.800 per liter.

Sementara itu, harga Pertamax non-subsidi juga berubah. Semula harganya Rp 12.500 per liter, kemudian sekarang harganya menjadi Rp 14.500 per liter. Pasca-kenaikan harga BBM, pemerintah memutuskan untuk mengalihkan subsidi BBM menjadi bantuan sosial (bansos), yang mana nilainya sebesar Rp 24,17 triliun.

Mengutip pemberitaan Katadata.co.id, pemberian bansos ini sebagai salah satu cara mengantisipasi dampak dari harga BBM yang naik. Melalui Kementrian Sosial (Kemensos), ditargetkan sebanyak  20,6 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) pengalihan subsidi BBM.

Untuk program BLT Bansos dari Kemensos ini, pemerintah sudah mengalokasikan dana sebesar Rp 12,4 triliun. Penerima yang terdaftar disarankan untuk memahami cara cek bansos Kemensos.

Informasi seputar cara cek Bansos Kemensos bisa dicari di situs resminya. Anda dapat mengakses situs cekbansos.kemensos.go.id. Untuk membantu Anda mencari tahu cara cek bansos Kemensos yang mudah dan praktis, berikut kami rangkum penjelasannya di bawah ini.

Cara Cek Bansos Kemensos Terbaru

Melansir laman resmi Sekretariat Kabinet, Kemensos terus memperbaharui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).  Hal ini bertujuan untuk menjamin agar penyaluran bansos BLT BBM tepat sasaran.

Program bansos BLT BBM akan disalurkan kepada masing-masing KPM sebesar Rp 600 ribu. Nantinya, bantuan tersebut disalurkan dalam dua tahap.

Tahap pertama dilakukan di bulan September sekitar Rp 300 ribu, kemudian tahap kedua pada bulan Desember dengan nominal sama. Bansos Kemensos tersebut disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

Cara cek data penerima bansos Kemensos untuk program BLT pengalihan subsidi BBM dapat dilakukan dengan mudah. Lebih jelasnya, ikuti tahapan-tahapan di bawah ini:

Cek Bansos Kemensos di Cekbansos.kemensos.go.id

Penerima manfaat bansos dari Kemensos bisa mengecek datanya melalu laman resmi Kemensos. Situs ini bisa diakses melalui browser di ponsel pintar Anda.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...