Mencermati Seluk-beluk Perbedaan CV dan Riwayat Hidup

Ghina Aulia
9 September 2022, 18:41
perbedaan cv dan riwayat hidup
Unsplash/Van Tay Media
Ilustrasi, seorang rekruter mewancarai pelamar kerja.

Perbedaan CV dan riwayat hidup wajib diketahui, agar calon pelamar kerja tidak salah langkah ketika hendak melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.

Umumnya, pelamar melampirkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Beberapa di antaranya dapat berupa curriculum vitae atau CV, riwayat hidup, resume, portofolio, ijazah, kartu identitas dan banyak lagi.

Salah satu dokumen yang penting adalah, dokumen yang berisikan profil singkat beserta pengalaman yang dapat menunjang lamaran tersebut. Dokumen yang dimaksud tidak lain adalah CV. Dokumen ini biasanya berjumlah satu sampai dua halaman dengan tampilan menarik. Ini bertujuan untuk menarik perhatian rekruter untuk me-review lamaran.

Namun, ternyata ada dokumen yang memiliki karakteristik yang hampir sama dengan CV, yakni riwayat hidup. Nah, berikut ini adalah ulasan singkat mengenai perbedaan CV dan riwayat hidup.

Perbedaan CV dan Riwayat Hidup

Umumnya di Indonesia, unsur yang tercantum dalam riwayat hidup dan resume termuat juga di dalam CV. Selain sudah biasa dilakukan, perbedaannya ternyata sangat tipis. Maka dari itu, penggunaannya juga sama. Perusahaan kebanyakan meminta CV dari pelamar, namun tidak menutup kemungkinan ada yang meminta dokumen berupa riwayat hidup atau resume.

Jika diamati bersamaan, CV dan riwayat hidup bisa dikatakan 90% sama. Tetapi apabila diulik lebih dalam, terdapat titik perbedaan yang cukup spesifik di antara keduanya.

Dilansir dari Liputan6, pengertian CV adalah dokumen penting berisi riwayat hidup. Di dalamnya termuat data diri, pengalaman kerja dan pendidikan. Selain itu, termasuk juga daftar pretasi, publikasi karya, kemampuan bahasa, keterampilan, referensi, serta keikutsertaan dalam pelatihan dan atau kursus.

Sementara, mengutip Dboyer Consulting, riwayat hidup merupakan dokumen singkat yang memuat hal ‘besar.’ Adapun yang dimaksud adalah, sepak terjang karier dan pencapaiannya. Walaupun demikian, ternyata riwayat hidup lebih cenderung berisi tentang ‘cerita’ seseorang hingga berada di posisinya sekarang.

Secara khusus, ada dua perbedaan CV dan riwayat hidup, yakni dari segi penulis, dan kegunaannya.

1. Penulis

CV umumnya dibuat oleh diri sendiri, sementara riwayat hidup lazimnya dibuat oleh orang lain. Bisa dikatakan, riwayat hidup ditulis oleh orang ketiga dengan format seperti cerita. Dokumen ini ditulis semenarik mungkin, agar pembacanya dapat menangkap esensi dari orang yang diceritakan.

Riwayat hidup biasanya dibawa dan dibacakan pada acara-acara tertentu, misalnya seminar atau konferensi. Namun juga dapat digunakan dapat menjadi pekerjaan dan branding sosial media.

Dari segi penulisan, CV terlihat singkat dan profesional, dengan informasi yang dicantumkan juga berupa poin-poin penting yang bersifat to the point. Sementara, riwayat hidup dapat dirangkai dengan gaya bahasa sesuai keinginan. Bisa dengan bahasa yang baku dan profesional, namun juga bisa dengan santai. Tergantung dengan sasaran audiens.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...