Cara Membuat CV yang Menarik, Job Seeker Wajib Simak!

Ghina Aulia
9 September 2022, 17:33
cara membuat cv yang menarik
pexels/RODNAE Productions
Ilustrasi, calon pelamar kerja mengisi CV.

Cara membuat CV yang menarik menjadi salah satu informasi yang perlu diketahui, tertutama bagi orang baru menyelesaikan studi dan melangkah masuk ke dunia kerja.

Pasalnya, di Indonesia, curriculum vitae atau CV merupakan dokumen yang pertama dilihat oleh rekruter. Oleh karena itu, bentuk atau desain-nya pun perlu diperhatikan, agar mampu menarik perhatian rekruter.

Secara umum, cara membuat CV yang menarik bisa didahului dengan memastikan dokumen yang dibuat memuat seluruh informasi penting tentang data diri. Tidak hanya itu, CV juga sebaiknya dibuat semenarik mungkin.

Sejauh ini, terdapat dua jenis CV yang umum digunakan oleh pencari kerja. Di antaranya adalah, CV ATS friendly dan creative CV. Informasi yang tercantum dalam keduanya cenderung sama. Adapun, yang menjadi pembeda adalah, tampilan secara keseluruhan. Ketentuan penggunaannya hanya tergantung referensi dan keinginan masing-masing.

Sebelum mengetahui cara membuat CV yang menarik, alangkah baiknya jika mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan antara CV ATS friendly dan creative CV.

Perbedaan CV ATS Friendly dan Creative CV

Secara umum, CV ATS cenderung terlihat lebih profesional. Sebab, secara desain tampilannya sangat sederhana namun sarat informasi tentang pelamar. Dalam jenis CV ini, pencari kerja dianjurkan untuk tidak memasukkan grafis atau gambar, seperti bagan, grafik atau pun foto.

Sebab, keberadaan gambar membuat CV tidak dapat terbaca oleh sistem yang digunakan. Jadi, hanya memuat informasi dalam bentuk tulisan.

Kebalikan dari CV ATS, creative CV dikenal dengan desainnya yang lebih kompleks dan beragam. Secara tampilan, jenis CV ini tentu lebih menarik. Pencari kerja juga bebas memuat foto pribadi, layaknya membuat riwayat hidup.

Walaupun CV ATS marak digunakan, creative CV juga sering dijadikan untuk melamar pekerjaan. Karena keduanya tak menutup kemungkinan sama-sama dapat terbaca oleh applicants tracking system.

Selain itu, creative CV juga dapat membuat pencari kerja bebas berkreasi, karena dapat memilih warna, font bahkan menambahkan elemen-elemen desain dengan bebas. Walau begitu, tentu dibuat dengan teliti dan tidak sembarangan.

Cara Membuat CV yang Menarik

Mengingat keberadaan CV sangat penting, maka dalam pembuatannya harus serius dan hati-hati. Dalam pembuatannya, harus dipastikan informasi yang dimuat sesuai dengan kenyataan, tidak dilebih-lebihkan, jelas dan tidak membingungkan. Yang terpenting adalah, sisi menarik yang harus ada.

Nah, di bawah ini adalah cara membuat CV yang menarik agar rekruter tertarik untuk meninjau lamaran pekerjaan yang dikirimkan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...