Sinopsis Novel Laskar Pelangi, Kisah Anak Daerah yang Inspiratif

Destiara Anggita Putri
14 September 2022, 11:55
sinopsis novel Laskar Pelangi
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/wsj.
Ilustrasi, sejumlah wisatawan berkunjung ke replika Sekolah Laskar Pelangi di Desa Lenggang, Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (22/5/2022).

Sebagai seorang pembaca buku, nama Andrea Hirata pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Pasalnya, Andrea Hirata merupakan salah satu penulis yang sangat terkenal di Indonesia bahkan juga di kancah internasional.

Banyak karya fenomenal yang telah ia rilis. Salah satunya adalah Novel “Laskar Pelangi’ yang menjadi salah satu novel mega best seller dan telah dicetak ulang berkali-kali hingga saat ini.

Advertisement

Dirilis pada tahun 2005 oleh penerbit Bentang Pustaka, novel ini bahkan telah melalang buana hingga ke kancah internasional. Buktinya, novel ini telah diterjemahkan ke dalam 40 bahasa asing, terbit dalam 22 bahasa, dan telah beredar di lebih dari 130 negara.

Novel yang terinspirasi dari kisah nyata kehidupan Andrea Hirata ini, juga telah berhasil meraih beberapa penghargaan. Salah satunya adalah novel ”Laskar Pelangi” edisi Amerika berhasil keluar sebagai pemenang pertama New York Book Festival 2013 kategori General Fiction.

Tidak hanya itu saja, novel ini juga berhasil meraih peringkat pertama Buchawards 2013 untuk edisi Jewrman-nya yang berjudul Die Regenbogen Truppe.

Karena kisahnya yang inpiratif, novel “Laskar Pelangi” telah banyak diadaptasi ke dalam berbagai bentuk seperti layar lebar, drama musikal, serial televisi, lagu, dan bahkan koreografi oleh Citydance Company di Washington D.C. Film adaptasi-nya yang disutradarai oleh Riri Riza, juga ditayangkan di Smithsonian dan Berlinale (The Berlin Innternational Film Festival).

Melihat sederet prestasinya ini, tentunya Anda pasti penasaran dan ingin segera membacanya. Sebagai permulaan, Anda bisa membaca sinopsis novel Laskar Pelangi di bawah ini.

Sinopsis Novel Laskar Pelangi

Novel Laskar Pelangi menceritakan kisah kehdiuoan 10 anak hebat yang memiliki semangat juang untuk tetap bersekolah di kampung Gantung, Kepulauan Bangka Belitung.

Kesepuluh anak itu dinamai Laskar Pelangi, dan diantarnya bernama Ikal, Lintang, Sahara Aulia Fadillah, Mahar Ahlan, Syahdan Noor Aziz, Muhammad Jundullah Gufron Nur Zaman atau A kiong, Samson atau Borek, Mukharam Kudai Khairani, Trapani Ihsan Jamari, dan Harun Ardhili Ramadhan.

Mereka semua bersekolah di SD Muhammadiyah Gantung dan dibimbing oleh Bu Muslimah dan Pak Harfan. Selama mereka bersekolah, mereka juga mendapatkan teman baru, seorang pindahan dari SD PN Timah bernama Flo.

Cerita dimulai dari penerimaan siswa dan siswi baru di SD Muhammadiyah Gantung dimana hanya ada 9 orang murid yang mendaftat. Hal ini membuat Bu Muslimah, Pak Harfan, serta seluruh orang tua murid merasa cemas.

Ini dikarenakan Pemerinta daerah setempat akan telah mengunumkan bahwa sekolah dasar Ini harus memiliki minmal 10 murid baru agar kegatan sekolah tetap berjalan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement