Tidak Melulu Mandi Air Panas, Ini Rekomendasi Wisata Cangar di Malang

Tifani
Oleh Tifani
14 September 2022, 16:16
wisata cangar
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/rwa.
Ilustrasi, pemandian air panas di kawasan wisata Cangar Batu, Malang.

Kawasan wisata Cangar di Kabupaten Malang merupakan salah satu pilihan tempat liburan yang cocok dikunjungi saat akhir pekan atau libur tiba. Pasalnya ada banyak pilihan objek wisata di kawasan ini yang layak untuk dikunjungi, salah satunya ialah pemandian air panas.

Dikutip dari buku "Penataan Objek Wisata Air Panas Cangar Kecamatan Bumiaji, Kota Batu" yang ditulis Sulistyo, objek wisata Cangar dikenal memiliki pemandian air panas yang cukup terkenal di Batu Malang.

Sensasi mandi air panas ditengah hawa dingin khas Batu menjadi daya objek wisata Cangar. Namun bukan hanya pemandian air panas, berikut rekomendasi objek wisata Cangar yang dapat dikunjungi wisatawan.

1. Wisata Air Panas Cangar

Objek wisata Cangar yang pertama tentunya objek wisata air panasnya yang terkenal. Pemandian air panas Cangar terletak di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) mdpl di kaki Gunung Welirang.

Meski berselimut udara dingin Kota Batu Malang, hangatnya air yang ada di wisata Cangar Malang ini tetap dapat dinikmati wisatawan. Wisata Air Panas Cangar berasal dari sumber air panas alami, yang terdapat di kaki Gunung Welirangan.

Pemandian air panas cangar merupakan objek wisata yang terdapat didalam kawasan hutan lindung Taman Hutan Raya. Harga tiket masuk wisata Air Panas Cangar untuk hari Senin hingga Jumat dibanderol sebesar Rp 10.000, sedangkan hari Sabtu hingga Minggu dibanderol Rp 15.000.

2. Gua Jepang

Objek wisata selain air panas di kawasan wisata Cangar, adalah gua Jepang, yang bisa merupakan saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia saat melawan penjajah Jepang. Gua Jepang ini dibangun pada 1942-1945 silam.

Wisatawan bisa menemukan gua-gua ini di sekitar hutan dekat pemandian air panas Cangar. Namun, wisatawan tidak perlu takut karena kini gua-gua ini sudah semakin terawat, sehingga tidak ada lagi hewan-hewan buas yang mendiami gua buatan Jepang ini. Kini, Gua Jepang ini menjadi salah satu peninggalan sejarah yang harus dijaga kelestariannya.

3. Puncak Brakseng

Puncak Brakseng merupakan objek wisata yang terletak di sekitar pemandian air panas Cangar Malang. Puncak Brakseng yang terletak di ketinggian 1700 mdpl ini memiliki keindahan yang tiada duanya. Wisatawan dapat menyaksikan asrinya pemandangan dari atas sini.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...