7 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Gorontalo

Tifani
Oleh Tifani
16 September 2022, 17:15
oleh-oleh khas Gorontalo
Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Ilustrasi, kain Karawo khas Gorontalo.

Gorontalo adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Sulawesi. Kota yang mendapat julukan "Serambi Madinah" ini, kaya akan budaya dengan suku dan etnis yang berbeda. Selain itu, daerah ini juga akan terkenal dengan kulinernya yang unik.

Ada berbagai makanan dan kerajinan khas yang dapat menjadi oleh-oleh khas Gorontalo. Kurang lengkap rasanya bila berkunjung ke Gorontalo tanpa membawa cenderamata untuk keluarga dan teman.

Advertisement

Ada banyak pilihan oleh-oleh khas Gorontalo yang tersedia seperti jajanan ringan, souvernir, kerajinan tangan, dan lain sebagainya. Agar tidak bingung memilih, berikut 7 rekomendasi oleh-oleh khas Gorontalo yang siap kamu bawa pulang.

1. Duduli

Sekilas camilan Duduli masih sejenis dengan dodol jawa. Namun, jajanan ini memiliki ciri khasnya tersendiri yang membedakan dari dodol jawa yaitu bungkusnya menggunakan daun Woka.

Duduli berwarna cokelat yang terbuat dari ketan, gula merah dan santan. Kemudian diaduk hingga 9 jam dan didinginkan 12 jam sebelum dibungkus. Duduli biasanya disajikan saat lebaran Idul Fitri bersama makanan lain.

Jajanan ini adalah simbol persahabatan yang melambangkan “selamat datang” dan “selamat berpisah” bagi warga Gorontalo. Kamu dapat dengan mudah mendapatkan camilan ini, karena hampir seluruh toko oleh – oleh di Gorontalo menjajakan Duduli.

2. Kain Karawo

Kain karawo merupakan salah satu oleh-oleh khas Gorontalo. Kain ini merupakan warisan leluhur yang masih eksis hingga sekarang bahkan sudah merambah ke pasar internasional.

Kain Karawo memiliki motif unik di atasnya. Motif kain karawo melambangkan tiga hal yaitu kaitan (kaita), bongkaran (wo’ala) dan rantai (rantheya).  Kata karawo yang digunakan dalam kain ini berasal dari bahasa Gorontalo yang artinya “sulaman tangan”. Teknik sulam manual yang digunakan pada kain karawo telah diturunkan dari generasi ke generasi.

Karena dibuat secara manual maka tidak heran, kain ini membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pembuatannya dan terbilang cukup mahal. Kamu bisa mendapatkan kain karawo dalam bentuk lemaran kain atau berupa pakaian, songket, dan masih banyak lagi.

3. Kue Karawo

Sama seperti kain karawo, kue karawo merupakan camilan yang memiliki motif unik di atasnya. Biasanya hiasan yang digunakan pada kue ini bergambar bunga-bunga. Pembuatan kue ini pun tidak sembarangan, karena perlu memiliki keahlian kerajinan tangan yang baik untuk menghias kue.

Kue karawo terbuat dari adonan tepung terigu, mentega, gula, telur, susu, valini dan maizena. Setelah dipanggang dan didinginkan, kue ini barulah dilukis motif. Bentuk paling umum dari kue ini adalah bulat atau hati. Untuk mendapatkannya bukanlah hal yang sulit, karena kue karawo banyak dijual di toko oleh-oleh ataupun pasar sentral di kota/kabupaten di Gorontalo.

4. Pia Gorontalo

Tidak hanya Jogja yang memiliki bakpia, Gorontalo juga memiliki pia khasnya sendiri. Pia Gorontalo memiliki ukuran yang lebih besar dari bakpia Jogja dengan tekstur yang lebih kering.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement