10 Rekomendasi Wisata Gorontalo, Ada Tempat Menyelam Bersama Hiu

Tifani
Oleh Tifani
16 September 2022, 09:39
wisata Gorontalo
ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin
Ilustrasi, Foto udara pantai Bolihutuo di Kabupaten Boalemo, Gorontalo, Sabtu (12/10/2019).

Gorontalo merupakan salah satu provinsi yang terletak di Sulawesi bagian utara. Daerah dengan julukan ‘Serambi Madinah’ ini, dikenal memiliki banyak masjid-masjid yang indah. Namun bukan hanya itu, wisata Gorontalo juga memiliki berbagai macam destinasi yang menarik.

Ada beragam destinasi yang dapat menjadi rekomendasi objek wisata Gorontalo, mulai dari wisata sejarah, edukasi, kuliner, hingga pemandangan alam.

Advertisement

Dilansir dari laman gorontalokab.go.id, berikut sederet destinasi wisata Gorontalo yang dapat menjadi tujuan berlibur para wisatawan.

1. Benteng Otanaha

Benteng Otanaha dibangun menggunakan batu yang direkatkan dengan putih telur burung Maleo. Benteng yang dibangun oleh Raja Ilato ini memiliki tinggi tujuh meter dan diameter hingga 20 meter. Benteng yang dibangun pada 1522 silam ini, difungsikan sebagai tempat perlindungan dan pertahanan.

Benteng Otanaha terletak di Kelurahan Dembe 1, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Gorontalo. Wisatawan dapat menikmati pemandangan indah Danau Limboto dan Kota Gorontalo yang cantik dari atas ketinggian. Untuk mencapai benteng ini, para wisatawan perlu mendaki 345 anak tangga, atau menaiki motor atau mobil sampai ke area parkir yang dekat benteng utama.

Di salah satu destinasi wisata Gorontalo ini sudah tersedia beragam fasilitas untuk para wisatawan, seperti pondok untuk berteduh, taman hijau untuk bersantai, dan spot foto yang menarik. Menikmati keindahan dan berfoto di benteng ini, wisatawan harus mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

2. Danau Limboto

Danau Limboto merupakan muara dari beberapa sungai yang membelah Gorontalo, seperti Sungai Molalahu, Sungai Daenaa, Sungai Alo, Sungai Bionga, dan Sungai Bone Balango. Danau dengan luas sekitar 3.000 hektare ini, terletak di Kota Limboto, Gorontalo dan membentang di beberapa sudut kecamtan seperti Kecamtan Telaga Biru, Tilango, Telaga Jaya, Batudaa, dan Tabongo.

Para wisatawan dapat melakukan aktivitas seperti memancing, berfoto dengan pemandangan indah, atau sekadar bersantai menikmati sunset. Ketika lapar, para wisatawan bisa menyantap makanan yang dijual di sekitar danau seperti berbagai macam ikan bakar.

Bila ingin menjelajahi danau indah dan melihat tanaman air seperti bunga teratai dan eceng gondok, para wisatawan dapat menyewa perahu dengan harga yang disepakati dengan pemilik. Para wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk berkunjung ke danau ini.

3. Taman Laut Olele

Taman Laut Olele salah satu ikon wisata di Gorontalo ini pemandangan bawah laut yang terkenal dengan terumbu karang warna-warninya. Wisata bahari ini terletak di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Taman laut ini sangat cocok untuk snorkeling dan diving yang sangat cocok untuk pemula karena terdapat dua tipe kedalaman yaitu dangkal dan dalam. Pemandangan bawah laut yang indah ini memiliki beberapa spot seperti Goa Jin, coral pole, beehive, hinga traffic jam. Pecinta fotografi juga bisa mengabadikan momen yang keren di Goa Jin.’

Untuk melakukan snorkeling, para wisatawan akan dikenai biaya sewa alat dan kapal dengan harga berkisar 200 hingga 500 ribu rupiah. Jika ingin melakukan diving, para wisatawan akan dikenai biaya sewa alat dan kapal dengan harga berkisar Rp 300.000-Rp 700.000.

4. Pulo Cinta

Pulo Cinta merupakan pulau dengan pasir berbentuk hati atau love, yang terletak di perairan Kabupaten Boalemo, tepatnya di Patoameme, Batumoito, Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Pulau alami ini digadang sebagai pulau romantis dengan jembatan yang dibentuk seperti hati lengkap dengan eco resort sebanyak 15 resort.

Pengujung dapat melakukan snorkeling dan diving atau sekadar menikmati pemandangan indah di pulau ini. Meski malam hari, para wisatawan dapat menikmati pemandangan langit bertabur bintang yang berkelip cantik. Harga untuk memasuki Pulo Cinta, tergantung pada pilihan paket yang disewa oleh para wisatawan.

5. Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Air Terjun Hiyaliyo Da’a masih sangat asri dan jarang dikunjungi, berada dalam kawasan hutan lindung tepatnya terletak di Desa Didingga, Kecamatan Biawu, Gorontalo Utara. Air terjun ini menawarkan panorama yang indah dan alami, dengan pepohonan yang hijau sangat memukau dan menenangkan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement