Memahami Kelebihan dan Kekurangan dari Profesi Freelancer

Destiara Anggita Putri
19 September 2022, 20:06
freelancer
Unsplash
Ilustrasi, freelancer.

Dengan semakin tingginya biaya kebutuhan hidup, banyak orang mulai melakukan pekerjaan sampingan untuk mendapatkan tambahan income. Salah satu adalah dengan menjadi freelancer.

Freelancer sendiri merupakan profesi uang dibayar berdasar berapa banyak proyek yang mereka kerjakan. Semakin banyak projek berarti semakin banyak penghasilan yang akan diperoleh.

Advertisement

Tidak seperti pegawai kantoran, profesi ini bersifat tidak mengikat yang berarti mereka bisa bebas mengerjakan proyek dari klien yang berbeda secara bersamaan.

Tak bisa dipungkiri, profesi ini semakin banyak mendapatkan peminatnya seiring dengan banyaknya platform bagi para freelancer yang bermunculan.

Selain itu, beberapa tahun belakangan ini, banyak perusahaan yang mulai merekrut freelancer untuk mengerjakan proyek mereka. Banyaknya peluang ini tentu membuat para freelancer semakin mudah untuk mendapatkan proyek.

Sekilas, profesi ini terlihat seperti sebuah profesi impian karena memberikan kebebasan dalam melakukan pekerjaan dengan fleksibel. Di sisi lain, bagi beberapa orang, pekerjaan ini penuh dengan tuntutan yang sering membuat stress.

Tentunya setiap profesi memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Bila Anda tertarik untuk menjalani profesi ini, Anda perlu mengetahui seluk-beluk profesi ini terlebih dahulu agar Anda bisa lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai hal yang akan terjadi.

Kelebihan Menjadi Freelancer

Bekerja secara freelance, memiliki keuntungan tersendiri. Berikut ini, adalah tiga keuntungan menjadi freelancer.

1. Bebas Mengatur Diri Sendiri

Salah satu alasan kenapa banyak orang terjun sebagai freelancer adalah fleksibilitas nya. Artinya, bila Anda melakukan profesi ini, maka Anda memiliki kebebasan untuk bekerja dengan jam dan waktu yang sesuai preferensi Anda .

Tidak seperti pegawai kantoran, Anda bisa bebas bekerja dari mana saja. Entah dari rumah, co-working space, atau cafe. Selain itu, Anda bisa memilih waktu yang Anda rasa paling produktif. Pagi, siang, atau malam hari sesuai dengan mood Anda.

Di sisi pekerjaan, Anda bisa bekerja secara penuh atau paruh waktu untuk proyek-proyek pilihan Anda. Anda juga bisa bebas merancang projek yang Anda Inginkan tanpa harus terikat dengan tingkat-tingkatan manajemen.

2. Bebas Memilih Klien

Kelebihan lain dari profesi ini adalah kebebasan dalam memilih klien. Anda bebas untuk memilih proyek dari klien yang sesuai dengan preferensi. Bahkan, jika Anda mampu, Anda bisa mengambil semua proyek dari klien.

Intinya, Anda sebagai freelancer bebas memilih proyek yang ingin Anda kerjakan. Apakah Anda ingin mengerjakan proyek yang mudah atau projek yang sulit. Semua diserahkan kepada Anda.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement