Mengenal 4 Kesalahan Umum Freelance yang Harus Dihindari

Destiara Anggita Putri
16 September 2022, 14:22
freelance
Unsplash
Ilustrasi, seorang freelancer.

Saat ini,  selain melakukan pekerjaan full time,  banyak orang melakukan side job untuk mendapatkan tambahan income. Salah satunya adalah dengan bekerja lepas atau freelance. Orang yang menjalankan pekerjaan ini, disebut sebagai freelancer. 

Freelancer sendiri merupakan salah satu profesi yang memiliki banyak peluang.  Hal ini dikarenakan keahlian mereka saat ini paling banyak dibutuhkan di berbagai bidang dan perusahaan. Semakin banyak peluang berarti semakin banyak pekerjaan yang akan datang.

Selain itu, profesi ini juga memiliki banyak kelebihan dibandingkan side job lainnya. Fleksibilitas dari segi waktu dan tempat adalah salah satunya. 

Membangun karir dengan bekerja freelance memang terlihat menjanjikan. Namun, bukan berarti pekerjaan ini tidak memiliki tantangan.

Karena kebebasan yang orang yang bekerja freelance, khususnya pemula menjadi terlena. Mereka kerap melakukan beberapa kesalahan yang pada akhirnya berdampak pada hasil kerja mereka dan reputasi mereka di mata klien. Lambat laun , penghasilan mereka juga akan ikut berkurang.

Bila Anda ingin bekerja secara freelance, Anda juga perlu waspada terhadap kesalahan-kesalahan ini. Apa saja? Simak 4 kesalahan umum yang harus Anda hindari di bawah ini.

1. Tidak Fokus pada Satu Bidang Pekerjaan

Freelancer memang merupakan salah satu pekerjaan dengan prospek yang menguntungkan. Namun, bukan berarti Anda bisa mengambil semua pekerjaan dalam berbagai bidang sekaligus. 

Hal ini justru berdampak buruk terhadap kinerja Anda yang juga akan berpengaruh terhadap hasil kerja Anda.  Hasil kerja yang buruk juga tentu akan membuat klien enggan untuk menggunakan jasa Anda lagi.

Oleh karena itu, sebelum menjadi freelancer, Anda harus menemukan terlebih dahulu bidang apa yang menjadi fokus Anda nantinya. Bila Anda sudah menemukannya, pelajari dan kembangkan bidang itu hingga Anda benar-benar menguasainya.

Anda juga bisa memilih bidang pekerjaan yang telah Anda kuasai sebelumnya. Misalnya, jika Anda memiliki keahlian menulis,  Anda bisa mulai fokus untuk mencari project yang membutuhkan keahlian tersebut

Bila Anda fokus pada satu bidang, maka Anda bisa lebih mudah untuk menemukan project freelance nantinya. Anda juga bisa memberikan kinerja yang maksimal yang juga membuat reputasi Anda di mata klien semakin meningkat.

2. Mengabaian Kontrak Kerja

Walaupun bekerja freelance, bukan berarti seseorang bisa mengabaikan kontrak kerja begitu saja. Sama seperti pegawai kantoran, kontrak kerja berperan sangat penting karena akan menjadi bukti yang sah jika Anda adalah bagian resmi dari perusahaan, walaupun Anda bukan pegawai tetap.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement