Memahami Sejarah dan Tema Hari Perdamaian Internasional 2022

Tifani
Oleh Tifani
21 September 2022, 09:34
Ilustrasi, poster tema Hari Perdamaian Internasional 2022
Dok. Perserikatan Bangsa-Bangsa
Ilustrasi, poster tema Hari Perdamaian Internasional 2022

Hari Perdamaian Internasional atau International Peace Day diperingati setiap 21 September. Tahun ini, peringatan akan Hari Perdamaian Internasional telah dimulai pada 16 September 2022 di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Acara dimulai dengan Upacara Lonceng Perdamaian tradisional di Peace Garden. Pada acara itu, Sekretaris Jenderal dan Presiden Majelis Umum PBB membunyikan Lonceng Perdamaian.

Advertisement

Setelah itu, Observasi Pemuda akan diadakan di Dewan Ekonomi dan Sosial PBB (Economic and Social Council/ECOSOC), di mana lebih dari 500 siswa akan berinteraksi dengan Sekretaris Jenderal dan seniman serta aktivis terkenal.

Kaum muda akan mempresentasikan proyek yang menggambarkan tindakan yang telah mereka ambil untuk memerangi rasialisme dan dengan demikian menumbuhkan perdamaian.

Hari Perdamaian Internasional menjadi acara global bagi semua umat manusia untuk berkomitmen pada perdamaian di atas semua perbedaan dan untuk berkontribusi dalam membangun budaya damai.

Sejarah Hari Perdamaian Internasional

Awalnya, Hari Perdamaian Internasional dideklarasikan oleh Majelis Umum PBB diperingati setiap Selasa ketiga bulan September. Ini bertepatan dengan hari pembukaan sidang tahunan Majelis Umum PBB.

Dua dekade setelah menetapkan hari peringatan ini, pada 2001 Majelis Umum PBB memindahkan tanggal untuk diperingati setiap tahun pada 21 September.

Tujuan dari Hari Perdamaian Internasional adalah untuk mempromosikan pemahaman dan harmoni di antara orang-orang di seluruh dunia. Ini juga merupakan kesempatan untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu yang berkaitan dengan perdamaian dan konflik.

Majelis Umum PBB menyatakan Hari Perdamaian Internasional sebagai hari yang didedikasikan untuk memperkuat cita-cita perdamaian, dengan menjalankan 24 jam non-kekerasan dan gencatan senjata.

Dalam beberapa tahun terakhir, Hari Perdamaian Internasional telah digunakan sebagai platform untuk membawa perhatian pada isu-isu global seperti perubahan iklim, terorisme, dan kerawanan pangan.

Hari Perdamaian Internasional dirayakan setiap tahun pada 21 September untuk memperingati penandatanganan Piagam PBB yang dilakukan 1945 silam, yang menyerukan penghapusan segala bentuk kekerasan.

Tujuan dari Hari Perdamaian Internasional adalah untuk mempromosikan pemahaman dan kerjasama di antara orang-orang, untuk mempromosikan hak asasi manusia, dan untuk mempromosikan perdamaian dalam segala bentuknya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement