Prosesi Panjang Pemakaman Ratu Elizabeth II, Menggunakan Uang Siapa?

Ghina Aulia
21 September 2022, 11:11
pemakaman Ratu Elizabeth II
www.royal.uk, official website of the British Royal Family
Ilustrasi, Ratu Elizabeth II disemayamkan di Westminster Hall.

Ratu Elizabeth II secara mengejutkan diumumkan meninggal dunia pada Kamis (8/9/) di Istana Balmoral, Inggris. Beliau melalui banyak tradisi dan ritual sebelum disemayamkan di tempat terakhirnya di Istana Windsor.

Perlu diketahui bahwa kerajaan Inggris memiliki protokolnya tersendiri dalam melakukan pemakaman. Hal tersebut sudah menjadi tradisi dan wajib dilakukan apabila ada anggota kerajaan yang berpulang.

Faktanya, proses pemakaman secara kenegaraan hanya wajib dilakukan kepada Ratu atau Raja yang memimpin. Sedangkan anggota kerajaan lainnya akan dimakamkan secara seremonial yang skalanya lebih kecil.

Tentu saja Ratu Elizabeth II melalui proses panjang tersebut, mengingat dirinya masih menjabat sebagai pemimpin Inggris hingga akhir hidupnya. Selain membawa kesedihan, wafatnya sang Ratu juga memberi pengetahuan kepada kita mengenai prosesi apa saja yang dilewati.

Berikut ini, adalah ulasan tentang tradisi yang menjadi protokol pemakaman anggota kerajaan Inggris. Protokol yang ada ini wajib dipatuhi dan dilakukan.

Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Berikut ini adalah hasil rangkuman dari express.co.uk, yakni media Inggris yang banyak membahas tentang update pemakaman sang Ratu.

1. Wajib Menggunakan Pakaian Serba Hitam

Selama proses pemakaman, seluruh anggota kerajaan Inggris diwajibkan menggunakan pakaian serba hitam. Hal ini memang sangat umum ketika suasana memang sedang berduka. Selain itu, anggota kerajaan juga wajib menggunakan pita duka.

Hal serupa juga dilakukan oleh tamu-tamu kehormatan yang berkunjung untuk melayat. Terlebih masyarakat yang datang untuk memberikan penghormatan terakhirnya, umumnya menggunakan pakaian berwarna gelap.

2. Terbuka untuk Umum

Tradisi ini telah dilaksanakan pada Sabtu (18/9). Tepatnya di Westminster Hall, London. Di mana masyarakat dapat melihat peti mati, dengan begitu mereka dapat memberikan penghormatan terakhirnya.

Pertama kali dilaksanakan pada pemakaman Queen Mother, yakni Ibu Ratu Elizabeth. Tepatnya yang wafat pada 30 Maret 2002. Tradisi ini bernama Lying in State.

3. London Bridge is Falling Down

Mungkin beberapa dari Anda ada yang pernah mendengar atau membaca "London Bridge is Falling Down". Kalimat tersebut adalah kode yang digunakan oleh kerajaan untuk mengabarkan bahwa sang Ratu sudah berpulang.

Kode yang hampir serupa juga dimiliki saat suami Ratu, Pangeran Philip meninggal dunia. Ada pun kodenya adalah "Operation Forth Bridge".

4. Berlangsung Selama Tiga Hari dan Waktu Hening Serentak

Diketahui proses persemayaman Ratu Elizabeth II berlangsung panjang. Banyak prosesi yang dilewati dan memakan waktu berhari-hari. Tak mengherankan karena dirinya adalah pemimpin negara.

Pada rangkaiannya, proses pemakaman berlangsung selama tiga hari. Peti mati akan dibawa ke beberapa Istana hingga akhirnya berhenti di Istana Westminster.

Perlu diketahui juga bahwa akan ada waktu hening selama dua menit di seluruh penjuru Inggris. Tentu bertujuan untuk menghormati dan mendalami pemakaman sang Ratu. Setelah itu, diadakan kebaktian di Kapel St George di Istana Windsor.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...