Diiringi Puluhan Ribu Warga, Jenazah Ratu Elizabeth Tiba di Edinburgh

Tia Dwitiani Komalasari
12 September 2022, 08:30
Peti Jenazah Ratu Elizabeth II.
Instagram @theroyalfamily
Peti Jenazah Ratu Elizabeth II.

Peti jenazah Ratu Elizabeth tiba di Edinburgh setelah perjalanan enam jam dari rumah musim panasnya di Dataran Tinggi Skotlandia, Minggu (11/9) waktu setempat. Perjalanan melewati puluhan ribu pelayat yang berbaris di rute itu.

Peti matinya dibungkus dengan Royal Standard of Scotland dengan karangan bunga di atasnya yang yang diambil dari perkebunan Balmoral. Perjalanan dari Balmoral merupakan rangkaian pertama dari acara pemakanan kenegaraan di Westminster Abbey, London.

Ratu Elizabeth II akan dimakamkan di Kapel Memorial Raja George VI di Windsor Senin (19/9), bersama ibu dan ayahnya serta abu saudara perempuannya, Putri Margaret. Peti mati Pangeran Philip juga akan dipindahkan ke sini untuk bergabung dengan istrinya.

Kematian Ratu Elizabeth meninggalkan duka yang mendalam bagi warga Inggris. Para warga Inggris berbaris di jalan atau menghentikan mobil mereka untuk keluar dan menonton iringan jenazah. Pada satu titik, iringan melewati penjaga barisan puluhan traktor di ladang yang dibentuk oleh para petani sebagai tanda penghormatan.

Banyak warga yang menyaksikan iringan tersebut dalam diam di bawah sinar matahari yang cerah. Beberapa melemparkan bunga ke jalan. Sementara sebagian dari mereka menangis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...