3 Cara Memberi Watermark pada Word untuk Pemula

Image title
22 September 2022, 18:08
cara memberi watermark pada Word
Katadata
Ilustrasi, contoh watermark di dalam Microsoft Word.

Cara memberi watermark pada Word sangat penting dipahami, agar karya tulis yang dibuat tidak dijiplak dan dirubah oleh orang tak bertanggungjawab. Keberadaan watermark begitu vital karena fungsinya sebagai penanda hak cipta.

Memberikan watermark pada dokumen di Microsoft Word menjadi sebuah keharusan. Terlebih lagi bila dokumen tersebut adalah karya tulis ilmiah seperti skripsi, tesis, jurnal penelitian, artikel dan lain sebagainya. Namun untuk menyisipkan watermark di Word diperlukan metode tertentu, yang sebenarnya mudah sekali dilakukan.

Bagi Anda yang ingin menambahkan watermark, tetapi tidak tahu cara membuatnya di Word, maka simak artikel ini sampai tuntas. Sebab, ada beberapa tutorial yang bisa Anda coba.

Lantas bagaimana cara memberi watermark pada Word? Berikut rangkumannya.

Jenis-jenis Watermark di Microsoft Word

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara memberikan watermark pada Word, ada baiknya Anda mengetahui apa saja jenis-jenis penanda yang ada di aplikasi pengolah kata tersebut.

Pada Microsoft Office, watermark adalah salah satu fitur penting yang disematkan. Pengguna seperti Anda bisa menggunakannya untuk memberi tanda bahwa dokumen yang dibuat merupakan karya orisinil milik Anda.

Watermark di Word biasanya terdiri dari dua bentuk. Pertama adalah watermark teks. Lalu kedua yakni watermark gambar. 

Kedua jenis watermark tersebut memiliki fungsi yang sama. Menurut Windows Central, watermark adalah teks atau gambar semi transparan yang dapat Anda tempatkan di latar belakang dokumen Word.

Secara umum watermark dipakai untuk menyoroti sesuatu yang penting tentang dokumen. Misalnya, Anda dapat menggunakannya untuk mengingatkan pengguna bahwa konten tersebut bersifat rahasia atau masih berbentuk draf. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...