Menyimak Ragam Mitos di Balik Wisata Air Terjun Nglirip

Tifani
Oleh Tifani
23 September 2022, 11:36
Air Terjun Nglirip
Dok. Indonesia Kaya
Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip yang dikenal memiliki panorama yang indah, merupakan salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi kala Anda berwisata ke Jawa Timur.

Destinasi wisata alam ini berada di wilayah Tuban Selatan. Tepatnya di desa kecil bernama Jojogan Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Air Terjun Nglirip memiliki ketinggian antara 25-30 meter. Meskipun sudah cukup terkenal, air terjun ini masih memiliki suasana alam yang asri dan terjaga.

Untuk mencapai wisata alam ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Ada dua jalur yang dapat ditempuh untuk mencapainya.

Pertama, melalui jalur Montong. Jika wisatawan memulai berjalanan dari terminal Tuban langsung menuju Montong, selanjutnya dilanjutkan ke kawasan Jojogan. Nah, Air terjun Nglirip terletak di antara Jalur Montong dan Jalur Jojogan.

Jalur kedua adalah melalui kawasan Jatirogo. Wisatawan dapat menaiki angkutan umum dari terminal Tuban, kemudian naik bus jurusan Jatirogo yang akan langsung menuju kawasan Jatirogo.

Setelah itu, wisatawan harus turun di warung Jojogan. Sekitar 1 kilometer (km), destinasi Air Terjun Nglirip dapat ditemui tidak jauh dari perempatan Jojogan.

Ragam Cerita Mitos di Balik Air Terjun Nglirip

Dibalik keindahannya, air terjun ini, meyimpan sebuah dua cerita mitos yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. Untuk setiap pasangan, jika mereka mengunjungi air terjun ini, mereka akan putus dalam waktu kurang dari 40 hari.

Mitos lainnya, apabila ada calon pengantin yang berkunjung di sekitar Air Terjun Nglirip, biasanya hubungannya tidak akan bertahan lama. Cerita mitos ini bermula dari legenda masyarakat sekitar wisata alam ini.

Konon pada zaman dahulu kala, ada pasangan yang saling mencintai dari kelas atau kasta yang berbeda. Dikisahkan sang laki-laki merupakan keturunan dari kelas atas atau bangsawan. Sementara, pasangan perempuannya hanya gadis pedesaan dan putri petani desa.

Pasangan yang sedang jatuh cinta tersebut tidak disetujui oleh orang tua pihak laki-laki, karena itu akan mempermalukan keluarga bangsawan besar tersebut. Bahkan, ayah dari laki-laki tersebut memerintahkan pengawalnya untuk membunuh anaknya sendiri, karena tidak menuruti keinginan ayahnya.

Kematian sang kekasih membuat pasangannya menyingkir dari kehidupan, dan bersemedi didalam goa tersembunyi di balik Air Terjun Nglirip, sampai akhir hayatnya. Konon katanya arwah gadis itu yang membawa kutukan di air terjun tersebut.

Namun, ada pula cerita legenda lainnya di balik Air Terjun Nglirip, yang juga sering dikisahkan oleh warga sekitar. Cerita yang dimaksud, adalah terkait legenda Putri Nglirip.

Legenda Putri Nglirip merupakan kisah perkembangan kawasan wisata Air Terjun Nglirip. Dalam cerita legendaris yang berkembang di masyarakat, cerita tersebut mengisahkan sosok seorang putri yang kerap menunjukkan sosoknya dengan wajah cantik dan berpakaian ala putri kerajaan di masa lalu.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...