7 Rekomendasi Wisata Air Terjun Malino

Tifani
Oleh Tifani
23 September 2022, 10:59
air terjun Malino.
Dok. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan
Ilustrasi, Air Terjun Takapala, salah satu destinasi wisata air terjun Malino.

Kawasan Pegunungan Malino menjadi salah satu objek wisata alam yang berada di Gowa. Ada berbagai destinasi wisata alam yang layak dikunjungi di kawasan ini.

Salah satunya ialah beragam objek wisata air terjun Malino. Khususnya kawasan yang terletak di Gunung Bawakaraeng yang mempunyai sejumlah air terjun dengan keindahan yang mempesona.

Sebagian besar objek wisata air terjun Malino menyajikan suasana yang alami dengan panorama yang begitu menakjubkan. Karakteristik air terjun ini pun mempunyai keunikannya masing-masing.

Dikutip dari laman panel.silseslprov.go.id, berikut ini tujuh rekomendasi wisata air terjun Malino yang dapat dikunjungi para wisatawan saat berkunjung ke Gowa.

1. Air Terjun Takapala

Air Terjun Takapala menjadi destinasi wisata alam yang cukup populer di Malino. Panorama yang menawan dari air terjun yang memiliki ketinggian 109 m ini kerap menarik banyak perhatian wisatawan.

Lokasi salah satu air terjun malino ini berada 6 km dari pusat kota. Air terjun Takapala dikenal karena debit airnya yang besar sekali.

Aliran air terjun ini berada di atas kolam asri yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk berenang. Namun, wisatawan tetaplah harus berhati-hati ketika renang serta disarankan untuk tak terlalu dekat dengan air terjunnya.

2. Air Terjun Salewangan

Air Terjun Salewangan adalah salah satu objek wisata yang patut dikunjungi oleh wisataan saat singgah di Malino. Salah satu rekomendasi air terjun Malino ini memiliki keindahan alam yang masih asri.

Air Terjun Salewangan juga mempunyai suasana yang alami dengan hawa yang sejuk. Air terjun ini cukup terkenal dengan panorama tebing bebatuan yang ada di sekeliling air terjun.

Air terjunnya jatuh menuju laguna alami dan kemudian mengaliri sungai kecil yang terdapat di bawah. Aliran sungai yang berasal dari air terjun tersebut dihiasi dengan banyaknya bebatuan berukuran besar.

Selain menyuguhkan keunikan dan keindahannya yang memukau, bebatuan tersebut pun dapat dimanfaatkan oleh wisatawan untuk santai. Wisatawan dapat duduk-duduku santai di atas bebatuan yang ukurannya besar tersebut sembari bermain air.

3. Air Terjun Ketemu Jodoh

Air Terjun Ketemu Jodoh salah satu wisata alam yang dimiliki oleh Maliono Gowa ini, dikenal akan hawanya yang sejuk. Air terjun malino ini dapat menjadi salah satu pilihan objek wisata yang seru dan menantang.

Perjalanan menuju ke Air Terjun Ketemu Jodoh berupa tanjakan, turunan tajam, dan jalanan yang berkelok. Lokasinya kurang lebih 2 jam waktu tempuh dari perkotaan Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Tempat wisata ini menyajikan nuansa asri dengan panorama yang dipenuhi oleh pepohonan hijau dan menyejukkan. Wisatawan akan melalui hutan dan sawah untuk bisa tiba di lokasi tempat wisata.

Perjalanan yang tergolong akan menguras energi tersebut akan terbayarkan sampai lunas ketika wisatawan menyaksikan panorama air terjun yang memiliki ketinggian 30 meteran. Aliran airnya pun cukup deras dan di bawahnya memiliki kolam alami.

Air terjun ini dikelilingi dengan pepohonan hijau dan segar yang cukup banyak. Hal ini memberikan pemandangan yang sangat menyegarkan bagi setiap wisatawan. Selain itu, udaranya yang sejuk dan airnya yang jernih pun bisa menarik minat wisatawan.

4. Air Terjun Biroro

Malino populer sebagai salah satu kawasan yang mempunyai banyak perbukitan dan pegunungan, sehingga tidak sulit menemukan air terjun dikawasan ini. Salah satu air terjun Malino selanjutnya adalah Air Terjun Biroro.

Air Terjun Biroro menyajikan panorama serta suasana alam yang menyegarkan. Bagi wisatawan yang ingin menyaksikan kecantikan air terjun ini harus rela jalan kaki dari area parkir kurang lebih 200 m.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement