Menyisir Keindahan Air Terjun Takapala di Malino

Tifani
Oleh Tifani
23 September 2022, 14:40
Air Terjun Takapala
Dok. Indonesia Kaya
Ilustrasi, Air Terjun Takapala.

Air Terjun Takapala merupakan salah satu destinasi yang cukup tersohor di Sulawesi Selatan. Air terjun ini berada di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, tepatnya di Malino, Kecamatan Tinggimoncong.

Mengutip disbudpar.sulselprov.go.id, air terjun ini memiliki ketinggian hingga 109 meter, dengan debit arus air yang banyak dan deras. Sedangkan kolam dibawah air terjun ini memiliki luas hingga 30 meter, dengan kedalaman hingga 10 meter.

Advertisement

Kesejukan udara di kawasan Air Terjun Takapala sangat terasa, diiringi sesekali percikan air terjun yang terbawa angin. Ditambah lagi, air terjun ini berada di lereng gunung yang memiliki hawa dingin. Bahkan, suhu udara di kawasan tempat wisata ini dapat mencapai 10 derajat.

Untuk menuju lokasi ini, wisatawan harus menempuh pejalanan dengan kondisi jalanan yang berkelok-kelok, sehingga pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi prima. Namun jangan khawatir, sebab selama perjalanan, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang indah.

Untuk menuju Air Terjun Takapala, pengunjung harus menempuh jalur tracking terlebih dahulu. Selama perjalanan hiking ini, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang memukau, dan dijamin akan menghalau lelah.

Pesona Air Terjun Takapala yang Memukau

Sesampainya di lokasi air terjun, tempias air akan menyambut pengunjung dan bisa berhasil menghilangkan semua rasa lelah setelah perjalanan. Dari ketinggian juga bisa melihat pelangi dari bias air terjun jika beruntung. Karena pelangi ini tidak bisa hadir setiap saat.

Aktivitas selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan, adalah berenang di kolam alami yang berada di bawah Air Terjun Takapala. Airnya yang segar bahkan terbilang dingin akan memberikan sensasi yang berbeda.

Banyak pengunjung yang bahkan sengaja datang untuk berenang. Namun perlu untuk selalu hati hati mengingat kontur dari kolam ini tidak rata, ada bagian yang dalam ada juga yang dangkal. Nantinya pengunjung akan bisa mengetahui area bahaya dan tidaknya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement