Menyisir Keindahan Air Terjun Takapala di Malino

Air Terjun Takapala berada di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, tepatnya berada di Malino, Kecamatan Tinggimoncong. Air terjun yang terletak di kawasan pegunungan Malino ini cukup populer.
Image title
Oleh Tifani
23 September 2022, 14:40
Air Terjun Takapala
Dok. Indonesia Kaya
Ilustrasi, Air Terjun Takapala.

Air Terjun Takapala merupakan salah satu destinasi yang cukup tersohor di Sulawesi Selatan. Air terjun ini berada di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, tepatnya di Malino, Kecamatan Tinggimoncong.

Mengutip disbudpar.sulselprov.go.id, air terjun ini memiliki ketinggian hingga 109 meter, dengan debit arus air yang banyak dan deras. Sedangkan kolam dibawah air terjun ini memiliki luas hingga 30 meter, dengan kedalaman hingga 10 meter.

Kesejukan udara di kawasan Air Terjun Takapala sangat terasa, diiringi sesekali percikan air terjun yang terbawa angin. Ditambah lagi, air terjun ini berada di lereng gunung yang memiliki hawa dingin. Bahkan, suhu udara di kawasan tempat wisata ini dapat mencapai 10 derajat.

Untuk menuju lokasi ini, wisatawan harus menempuh pejalanan dengan kondisi jalanan yang berkelok-kelok, sehingga pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi prima. Namun jangan khawatir, sebab selama perjalanan, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang indah.

Advertisement

Untuk menuju Air Terjun Takapala, pengunjung harus menempuh jalur tracking terlebih dahulu. Selama perjalanan hiking ini, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang memukau, dan dijamin akan menghalau lelah.

Pesona Air Terjun Takapala yang Memukau

Sesampainya di lokasi air terjun, tempias air akan menyambut pengunjung dan bisa berhasil menghilangkan semua rasa lelah setelah perjalanan. Dari ketinggian juga bisa melihat pelangi dari bias air terjun jika beruntung. Karena pelangi ini tidak bisa hadir setiap saat.

Aktivitas selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan, adalah berenang di kolam alami yang berada di bawah Air Terjun Takapala. Airnya yang segar bahkan terbilang dingin akan memberikan sensasi yang berbeda.

Banyak pengunjung yang bahkan sengaja datang untuk berenang. Namun perlu untuk selalu hati hati mengingat kontur dari kolam ini tidak rata, ada bagian yang dalam ada juga yang dangkal. Nantinya pengunjung akan bisa mengetahui area bahaya dan tidaknya.

Selain itu, di balik Air Terjun Takapala ini ada sebuah gua yang bisa ditelusuri untuk pengunjung yang bernyali. Untuk mencapai gua tentunya harus basah-basahan karena letaknya tepat di belakang air terjun. Ada juga bebatuan vulkanik yang ukurannya cukup besar dan juga batuan unik yang terletak di tebing di balik air terjun.

Sebenarnya pengunjung bisa langsung menuju air terjun dengan langsung memarkirkan kendaraan. Tapi bagi pengunjung yang ingin menikmati sambil berjalan kaki, jalan setapak lengkap dengan tangga bisa dijadikan pilihan.

Tangga tersebut memang memiliki jumlah yang banyak, namun tak terlalu curam. Dengan melakukan hiking ini, pastinya akan memberikan pengalaman dan juga sensasi yang berbeda bagi para penggunjung Air Terjun Takapala, apalagi panoramanya memukau.

Ilustrasi, Air Terjun Takapala, salah satu destinasi wisata air terjun Malino.
Ilustrasi, Air Terjun Takapala, salah satu destinasi wisata air terjun Malino. (Dok. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan)

 

Fasilitas penunjang di kawasan air terjun ini juga terbilang cukup memadai. Ada beberapa fasilitas toilet hingga deretan warung makan yang menjajakan berbagai macam kudapan seperti pisang goreng dan berbagai jenis makanan lainnya.

Seusai bermain air menikmati segarnya curahan air di Air Terjun Takapala, wisatawan dapat langsung menghangatkan badan dengan memesan segelas teh atau kopi hangat sambil ditemani sepiring pisang goreng hangat di warung pinggir aliran sungai.

Di kawasan ini, juga tersedia penginapan bagi yang ingin bermalam, dengan harga yang terbilang terjangkau. Bahkan, bahkan jika butuh akomodasi lebih luas tersedia villa di sekitanya.

Menurut mitos penduduk setempat, Air Terjun Takapala merupakan air terjun jodoh. Dipercaya bila ada yang mandi dan meminum air dari air terjun ini, niscaya akan segera mendapatkan jodoh. Seperti peribahasa sambil menyelam minum air, selain menikmati pemandangan yang menakjubkan wisatawan pun dapat sambil berharap mendapatkan jodoh.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait