Menilik Pesona Air Terjun Mata Jitu yang Pernah Dikunjungi Putri Diana

Tifani
Oleh Tifani
23 September 2022, 13:27
Air Terjun Mata Jitu
Katadata
Ilustrasi, Air Terjun Mata Jitu.

Kabupaten Sumbawa memiliki sejuta pesona alam. Mulai dari gunung, pantai, pulau, hutan, hingga air terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Mata Jitu terletak di balik hutan lebat Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pemandangan asri lengkap dengan pepohonan hijau membuat air terjun ini jadi primadona. Ditambah lagi, destinasi wisata ini memiliki oase di tengah hutan Sumbawa yang dapat memukau wisatawan berkunjung ke kawasan ini.

Bahkan Air Terjun Mata Jitu yang pernah dikunjungi mediang Putri Diana. Atas kunjungan tersebut, masayarakat di sekitar lokasi memberi julukan “Queen Waterfall” untuk air terjun ini.

Pesona Air Terjun Mata Jitu Pulau Moyo

Destinasi wisata yang indah tentunya harus diraih dengan upaya ekstra. Begitu pula air terjun di Pulau Moyo ini, yang memiliki akses masuk yang cukup sulit. Namun, effort yang dikeluarkan sebanding panorama alam, dan kedamaian suasana yang bakal menyambut wisatawan.

Untuk mencapai Air Terjun Jitu ini, wisatawan dapat menyewa perahu nelayan menuju Desa Ai Bari dari Sumbawa, dengan waktu tempuh dua jam. Perahu nelayan biasanya disewakan dengan biaya Rp 450.000 per harinya.

Sesampainya di Desa Ai Bari, perjalanan lalu berlanjut menggunakan ojek motor selama 20 menit. Untuk tarif ojek motor biasanya dibanderol mulai dari Rp 60.000. Sepanjang perjalanan pengunjung akan banyak disuguhi pemandangan Pulau Moyo dan savana perbukitan yang indah.

Air Terjun Mata Jitu adalah air terjun dengan 4 undakan dan 7 kolam. Dinamakan ‘Mata Jitu’, karena airnya jatuh tepat di kolam yang terbentuk di bawahnya. Selain itu terdapat stalaktit dan stalagmit yang menghiasi permukaan dinding air terjun.

Bentuk stalaktit dan stalagmit yang unik dan beragam ini semakin memperindah pemandangan yang tersaji. Air dalam kolamnya bersih dan sangat jernih, menyatu dengan warna indah bebatuan di sekitarnya.

Jernihnya air yang mengalir di Air Terjun Mata Jitu membuat dasar kolam dapat dilihat dari permukaan dengan mudah. Bahkan, tidak jarang banyak wisatawan yang meminumnya.

Perpaduan air terjun yang berwarna hijau tua dan muda seakan-akan menghipnotis wisatawan untuk menceburkan diri dan bermain air di dalam air terjun ini.

Pemandangan asri lengkap dengan pepohonan hijau alami membuat Air Terjun Mata Jitu menjadi destinasi wisata utama di Pulau Moyo. Air terjun yang telah menjadi bagian cagar alam Indonesia ini, konon telah terbentuk jutaan tahun lalu.

Dijuluki Queen Waterfall

Air Terjun Mata Jitu yang menyimpan kenangan akan sosok mediang Putri Inggris yang dicintai dunia, yakni Putri Diana. Putri Diana yang bermalam selama tiga hari di salah satu resor eksklusif di Pulau Moyo mengaku amat terkagum dengan keindahan Air Terjun Mata Jitu.

Warga sekitar lalu menyebut air terjun ini sebagai Air Terjun Lady Di atau Queen Waterfall. Putri Diana diketahui mengunjungi Pulau Moyo untuk menenangkan diri pada 1993 silam.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...