Sinopsis Film The Medium, Penuh Mistis dan Bikin Merinding

Menjadi salah satu film yang disambut banyak antusias penonton pada tahun 2021, berikut ini adalah sinopsis film The Medium
Image title
26 September 2022, 12:11
sinopsis film The Medium
IMDB
Ilustrasi, cuplikan film The Medium.

Sempat booming di awal tahun 2021, film The Medium berhasil menyediakan cerita rakyat penuh mistis dengan ciamik. Perlu diketahui bahwa film ini merupakan garapan dua sutradara asal Korea Selatan dan Thailand. Yakni Na Hong-jin dan Banjong Pisanthanakun dari Thailand.

Film The Medium bercerita tentang warisan dari leluhur dari masa lalu. Warisan tersebut ada yang bersifat baik dan buruk.

Untuk lebih jelasnya, simak tulisan di bawah ini mengenai sinopsis film The Medium yang dilansir dari Baca Terus.

 

Advertisement

Sinopsis Film The Medium

Film The Medium berlatar tempat di wilayah Isan, Timur Laut Thailand. Masyarakat setempat diketahui memang akrab dengan kepercayaan terhadap Dewa Bayan.

Dewa Bayan ini merupakan leluhur, yang dipercayai akan merasuk ke tubuh garis keturunan perempuannya.

Pada awalnya, sekelompok orang berniat untuk membuat dokumenter terkait tradisi dan warisan di wilayah tersebut. Tidak lain dokumenter tersebut akan mengisahkan tentang Nim, dukun yang diyakini dirasuki Dewa Bayan.

Hal demikian bukan merupakan sesuatu yang aneh bagi masyarakat setempat. Memang sudah lumrah ketika Dewa Bayan memilih orang sebagai perantara, yakni tempatnya bersemayam. Dengan syarat, orang tersebut dalam satu garis keturunan.

Pada awalnya yang akan dirasuki Dewa Bayan adalah Noi, kakak perempuan Nim. Tetapi ia menolak, jadi mau tak mau, Nim yang akhirnya terpilih menggantikan sang leluhur.

Maka dari itu, Nim menjadi seorang yang menjadi perantara kepada Dewa. Diketahui bahwa orang yang menolak untuk menjadi ‘tempat’ dianggap melakukan dosa besar.

Tak lama setelah itu, kakak ipar Nim, yakni suami dari Noi ditemukan meninggal dunia. Akhirnya, hanya tinggal Noi dan Mink, anak perempuan satu-satunya.

Di samping itu, Nim merasakan ada hal yang aneh dari diri Mink. Sedangkan Noi justru berusaha untuk menjauhkan yang putri dengan Nim.

Hal tersebut lantaran Noi mau pun Mink, memilih untuk tidak mempercayai tradisi kepercayaan tersebut. Mereka adalah Kristen yang taat.

Namun hal tersebut tak menghentikan Nim yang menyadari ada hal yang aneh dari keponakannya itu. Hingga Mink menunjukkan sisi berbeda dari dirinya.

Ia bersikap seperti orang yang berbeda. Kadang seperti anak kecil, lalu berubah menjadi pria tua, seorang pemabuk bahkan pelacur. Saat itu Mink juga menyatakan kalau dirinya tak ingin menjadi dukun.

 

Mink bercerita tentang mimpinya yang bertemu sosok pria. Di mana pria tersebut membacakan mantra ke tubuhnya. Pria itu memegang senjata dan memenggal kepala.

Sejak mimpi tersebut, Mink mendengarkan banyak suara-suara aneh. Hingga akhirnya ia merasakan nyeri di perut dan vagina yang juga mengeluarkan darah.

Tak lama setelah itu, Noi bersikeras untuk menyelamatkan Mink yang ingin bunuh diri. Sayangnya, terungkat juga hubungan cinta terlarang antara Mink dan Mike, saudaranya sendiri.

Diketahui bahwa Mike awalnya dikatakan mati karena kecelakaan. Tetapi kejadian sebenarnya adalah, ia bunuh diri pada pohon di dalam hutan.

Meski begitu, Noi tetap tidak tega dan ingin menyelamatkan Mink. Ia membiarkan Mink untuk melewati berbagai ritual. Namun ia juga sadar bahwa tubuh Mink akan lebih mudah dirasuki roh.

Para roh dapat memasuki tubuh Mink secara bergantian. Karena tubuhnya bagaikan raga tanpa jiwa.

Dari hal itu juga, masa lalu kelam keluarga suami Noi terungkap. Dimana mereka telah melakukan pembantaian. Hal tersebut membuat keluarganya dikutuk oleh salah satu korban yang masih sekarat dan tidak berhasil terbunuh.

Terungkap juga bahwa pembantaian tersebut lah yang menjadi alasan suami Noi menikahi dirinya. Dengan adanya Mink, dosa masa lalu tersebut dapat ditebus.

Benar saja, Mink dijadikan alat penebus dosa atas kekejaman yang dilakukan keluarga Ayahnya. Sayangnya, di saat ingin melakukan ritual pengusiran, Nim justru meninggal dunia secara misterius. Di lain sisi, Mink sudah terlanjut ganas dengan roh-roh yang merasuk dirinya.

Di saat Nim yang kala itu menjadi perantara Dewa Bayan, ia tentu dipercaya untuk mengatasi masalah yang terjadi pada Mink. Justru ia tiba-tiba meninggal dunia begitu saja. Hal ini membuktikan bahwa Nim tidak memiliki kekuatan.

Itu lah sinopsis singkat film The Medium. Untuk lebih lengkapnya, sebaiknya Anda menonton film The Medium secara langsung. Tentu pengalaman membaca akan sangat berbeda ketika menonton.

Meraih Sejumlah Penghargaan Internasional

Kabar baiknya, film ini berhasil menyabet penghargaan film terbaik di Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN 2021) dengan kategori Bucheon Choice Feature. Selain itu, film The Medium juga diputarkan secara perdana di acara tersebut, lhoh!

Film garapan Na Hong-Jin dan Banjong Pisanthanakun ini berhasil menghadirkan kisah mistis lokal yang autentik. Namun dengan jalan cerita yang mengandung plot twist di dalamnya.

Salah satu hal yang menarik dari sinopsis film The Medium ini adalah penyebab dari kebrutalan Mink. Awalnya orang mengira Mink kerap dirasuki karena menolak menjadi perantara Dewa Bayan atau proses menjadi perantara. Ternyata, ia dijadikan alat penebus dosa dari keluarga sang Ayah.

Meski Anda sudah dapat membayangkan jalan cerita dari membaca sinopsis, lebih baik lagi apabila menonton filmnya. Ada beberapa hal lain yang belum terungkap dari sinopsis film The Medium di atas.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait