Sinopsis Film Kukira Kau Rumah, Kisah Terkait Kesehatan Mental

Annisa Fianni Sisma
22 September 2022, 13:58
SINOPSIS FILM KUKIRA KAU RUMAH
imdb.com
Poster official Kukira Kau Rumah

Kukira Kau Rumah merupakan sebuah film tentang kesehatan mental yang rilis pada 2021. Drama ini menyoroti isu kesehatan mental yang menjadi sorotan remaja masa sekarang.

Sutradara film ini adalah Umay Shahab, dengan penulis skenario Mony Tiwa dan Imam Salimy. Mereka mengadaptasi lagu  Amigdala yang berjudul Kukira Kau Rumah, sehingga membuat sinopsis film Kukira Kau Rumah semakin menarik untuk diulas.

Sebelum memahami sinopsis film Kukira Kau Rumah, terdapat beberapa fakta menarik film ini. Kukira Kau Rumah menjadi karya pertama Umay Shahab sebagai sutradara. Umay mengumumkan rencana tersebut pada 8 Agustus 2020. Umay pun berkonsultasi dengan beberapa pakar seperti psikolog dan komunitas bipolar.

Pada 9 Agustus 2020, Prilly Latuconsina pun mengumumkan lewat Instagramnya bahwa ia memproduseri dan memerankan Niskala dalam Kukira Kau Rumah. Tentu banyak yang penasaran dengan sinopsis film Kukira Kau Rumah.

Kukira Kau Rumah rilis pada 3 Februari 2021. Tak hanya di Indonesia saja, film ini rilis di bioskop Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam pada 17 Februari 2022. Film Kukira Kau Rumah menghadirkan genre baru dan kisah yang lebih relevan dengan masa remaja saat ini. Film ini sebagai upaya menyadarkan pentingnya kesehatan mental. Untuk memahami film ini lebih lanjut, berikut sinopsis film Kukira Kau Rumah mengutip dari Imdb.com.

Sinopsis Film Kukira Kau Rumah

Niskala yang diperankan oleh Prilly Latuconsina merupakan seorang anak yang memiliki gangguan mental. Ia mengalami perubahan sikap setelah jatuh dari atap rumah. Niskala didiagnosa mengidap bipolar sejak berada di jenjang pendidikan sekolah menengah atas. Atas diagnosa tersebut, ayahnya menjadi terlalu protektif. Niskala pun kesulitan beradaptasi dan menjauh dari kehidupan sosialnya. Ia pun sempat tidak melanjutkan sekolah. Ia hanya bisa bergaul dengan sahabatnya Dinda dan Oktavinus yang dipercaya oleh kedua orang tuanya.

Ternyata Niskala sempat melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Sinopsis film Kukira Kau Rumah berlanjut saat ia bertemu dengan Pram yang merupakan kakak tingkatnya. Niskala tertarik dengan Pram setelah terlibat adu mulut di kampus. Pram adalah seorang lelaki yang ayahnya sudah meninggal dunia. Sejak saat itu, ibunya kerap bekerja keras demi keluarga. Sayangnya, semakin sedikit waktu yang ibu Pram berikan untuk Pram, membuatnya merasa sangat kesepian. Pram bekerja sebagai pelayan di kafe Antalogi dan suka membuat musik akustik.

Niskala Bertemu Pram

Sinopsis film Kukira Kau Rumah berlanjut pada suatu ketika Pram menawarkan Niskala sebuah bantuan ujian. Niskala pun menolak bantuan tersebut. Niskala membuktikan bahwa ia mampu mendapat nilai yang sempurna. Pram pun mentraktirnya beserta Oktavinus dan Dinda. Pram sempat bernyanyi di kafe tersebut. Niskala menikmati lagunya meskipun orang lain tidak. Keduanya pun memutuskan untuk membuat lagu dan rekamannya menjadi viral. Atasan Pram memberikan mereka tampil. Niskala semakin bahagia bersama Pram.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement