8 Urutan Skincare yang Benar untuk Pemakaian Pagi Hari

Ghina Aulia
29 September 2022, 16:12
urutan skincare yang benar
Pexel
ilustrasi, seorang perempuan menggunakan skincare.

Menjaga kesehatan kulit mejadi hal yang umum dilakukan sekarang. Walau penampilan wajah bukan segalanya, namun yang paling penting adalah kesehatannya. Cara paling umum untuk menjaga dan merawat kulit wajah adalah dengan menggunakan skincare.

Namun, penggunaannya juga harus diperhatikan, dengan memperhatikan urutan skincare yang benar. Ini karena banyaknya produk skincare yang digunakan dalam waktu yang sama.

Advertisement

Memperhatikan urutan skincare yang benar berguna untuk optimalisasi penyerapan ke kulit. Dengan begitu, produk akan masuk ke lapisan kulit secara efektif. Salah satu alasan lainnya juga karena tekstur skincare yang berbeda-beda.

Umumnya, penggunaan skincare akan lebih didahulukan yang bertekstur paling cair. Hingga yang semakin buttery, misalnya pelempab. Walau pun terlihat rumit, jika dilakukan ternyata cukup mudah.

Perlu diketahui juga bahwa langkah-langkah pada urutan skincare yang benar tidak semuanya wajib dilakukan. Tergantung kebutuhan kulit masing-masing dan ketersediaan produk yang dimiliki. Namun, ada bagian yang sepertinya tidak boleh dilewatkan. Karena penggunaan produk tersebut sangat mempengaruhi keadaan kulit wajah.

Urutan Skincare yang Benar dan Rekomendasi Produknya

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah urutan skincare yang benar untuk pagi hari, beserta produk-produk yang direkomendasikan.

1. Oil-based Cleanser

Ada pun yang dimaksud adalah pembersih wajah dengan bahas dasar minyak. Contoh produknya adalah cleansing balm. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan milk cleanser yang juga terbuat dari minyak, namun dengan komposisi yang lebih sedikit dibanding cleansing balm.

Sebagai rekomendasi, berikut ini adalah produk oil-based cleanser yang dapat Anda gunakan:

  • SKINTIFIC Purifying Barrier Ice Cream Cleansing Balm.
  • NUTRISHE Melt My Day Cleansing Balm.
  • Pond’s Cleansing Balm.
  • Omega Butter Deep Cleansing Balm.
  • Viva Milk Cleanser.

2. Water-based Cleanser

Bagian ini adalah salah satu tahap yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, sebelum menggunakan skincare yang lain, kondisi wajah harus dalam keadaan bersih.

Pembersih wajah berbahan dasar ini selain berguna untuk membersihkan wajah, juga berfungsi untuk menyapu residu yang tersisa dari cleansing balm atau milk cleanser yang Anda gunakan sebelumnya.

Sebaiknya, pembersih yang digunakan merupakan fragrances free, terlebih untuk pemiliki kulit sensitif. Berikut ini adalah water-based cleanser yang dapat digunakan:

  • Garnier Micellar Water.
  • NIVEA Micellar Skin Breathe Pearl White.
  • YOU Prebiotic-Infused Micellar Cleansing Water.
  • NUXE Very Rose Soothing Micellar Water.
  • Madame Gie Says Clean Cleansing Water Makeup Micellar.

Selain produk di atas, Anda juga dapat menggunakan produk facial wash.

3. Toner

Ini juga menjadi tahapan yang tidak boleh dilewatkan, karena toner berguna menghidrasi kulit, dan membantu mengangkat kulit mati, tergantung jenis yang digunakan. Dua jenis toner yang umum digunakan adalah, hydrating toner dan exfoliating toner.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement