Menilik 12 Prospek Kerja Teknik Sipil

Tifani
Oleh Tifani
5 Oktober 2022, 12:50
prospek kerja teknik sipil
ANTARA FOTO/Gusti Tanati/app/tom.
Ilustrasi, pekerja menyelesaikan pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub di Jalan Poros, Distrik Abepura, Jayapura, Papua, Senin (13/6/2022).

Teknik sipil atau civil engineering merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang perancangan, manufaktur, hingga infrastruktur sebuah bangunan. Prospek kerja teknik sipil tergolong luas, sehingga kesempatan berkarier lulusannya cukup menjanjikan.

Apalagi, di tengah pembangunan infrastruktur yang kian masif di Indonesia, prospek kerja lulusan teknik sipil sangat luas. Sebab, lulusan teknik sipil banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan untuk memperkuat divisi pengembangan bangunan. Selain itu, beberapa perusahaan juga membutuhkan lulusan jurusan ini untuk melakukan rekayasa bangunan.

Tak hanya berkarir sebagai karyawan, prospek kerja teknik sipil juga bisa dalam bentuk menjadi pebisnis. Lulusan teknik sipil dapat menciptakan lapangan pekerjaan, dengan cara membuka kantor konsultan perencana bangunan, atau dengan membuka perusahaan jasa konstruksi atau kontraktor, maupun perusahaan pengembang (developer).

Berikut ini, beberapa prospek karir yang dapat ditempuh oleh lulusan jurusan teknik sipil, dilansir dari glints.com dan quipper.com.

Prospek Kerja Teknik Sipil

1. Konsultan Konstruksi

Prospek kerja teknik sipil yang pertama, adalah menjadi konsultan konstruksi. Menjadi konsultan berarti memiliki peran memberikan masukan ataupun bimbingan mengenai kondisi properti tertentu.

Biasanya yang menjadi topik bahasan adalah tren properti yang mencakup permasalahan pasar properti dan memberikan saran agar investasi yang dilakukan tetap menguntungkan. Klien bisa datang dari perusahaan maupun perorangan.

Seorang konsultan properti umumnya tergabung dalam sebuah agensi atau kantor pelayanan jasa properti yang dimiliki sendiri ataupun orang lain.

Konsultan properti bertugas memberikan studi pembangunan, analisa kelayakan, membuat laporan hingga analisa peluang investasi bagi para klien. Analisa yang diberikan biasanya menjadi pertimbangan bagi klien untuk membeli, menjual atau mengelola properti.

Di Indonesia, ada cukup banyak perusahaan yang bergerak di bidang konsultan kontruksi bangunan, mulai dari yang berstatus Badan Usaha MIlik Negara (BUMN), hingga swasta.

2. Surveyor

Surveyor menjadi salah satu prospek kerja teknik sipil yang menjanjikan. Seorang surveyor bertugas memastikan bahwa setiap peraturan dan perundangan-undangan yang berlaku ditaati dalam aktivitas pembangunan yang sedang berjalan.

Jika ditemukan ada kekurangan, surveyor merupakan pihak yang menawarkan solusi bagi kliennya. Bekerja sebagai seorang surveyor pengendalian bangunan akan memeriksa sistem drainase tanah dan fondasi bangunan.

Surveyor juga berperan melakukan pengukuran dan perencanaan sebelum pekerjaan konstruksi dilakukan. Seorang surveyor akan melakukan pengukuran dengan mencermati posisi, bentuk dan luas tanah. Dan kemudian hasilnya akan dibutuhkan untuk rencana pengembangan konstruksi.

Seorang surveyor harus mengetahui beberapa hal mengenai ilmu ukur, rancang bangun, matematika, fisika, serta ilmu hukum. Surveyor juga bekerja di perusahaan konstruksi atau konsultan. Seorang surveyor juga harus menguasai teknik pengolahan data.

3. Site Engineer

Salah satu prospek kerja teknik sipil, adalah sebagai insinyur situs pembangunan untuk posisi teknisi atau tim pengawas proyek. Tugas utamanya berperan penting saat meninjau suatu lokasi pembangunan.

Mereka juga ikut memeriksa lahan, material yang digunakan, serta keamanan tempat tersebut. Insinyur situs pembangunan dapat bekerja di perusahaan konstruksi BUMN atau swasta.

4. Kontraktor

Profesi ini membutuhkan kecakapan dalam mengatur semua orang dan sumber material yang ada di tempat pembangunan berlangsung. Agar dapat mewujudkan rencana konsultan, kontraktor harus dapat menilai keadaan dilapangan. Bila tak ada konsultan, kontraktor pula yang membuat perencanaan sekaligus pelaksanaannya.

5. Insinyur Lingkungan

Insinyur lingkungan mempelajari isu-isu terkait air, limbah, tanah, dan udara, dan berupaya untuk memecahkan masalah terkait polusi dan resiko kesehatan publik lainnya. Pekerjaan ini melakukan analisis di kantor, dan melakukan pengujian serta evaluasi situs di lapangan.

Sebagai seorang insinyur lingkungan, harus dapat merancang teknologi dan mengimplementasikan proses dan sistem untuk mencegah dan mengendalikan berbagai risiko lingkungan, dan juga untuk memulihkan dan membalikkan kerusakan lingkungan.

6. Structural Engineer

Salah satu prospek kerja teknik sipil selanjutnya ialah menjadi seorang structural engineer. profesi ini memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa struktur bangunan benar-benar aman, sebelum dilanjutkan ke tahap kontruksi.

Profesi structural engineer membutuhkan banyak skill yang mumpuni agar menghasilkan bangunan yang kokoh. Profesi ini juga membutuhkan ketelitian dan dedikasi yang tinggi, memngingat dampak yang dapat ditimbulkan apabila truktur bangunan tidak sesuai kualifikasi yang sudah ditetapkan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...