Mengintip 8 Prospek Kerja Administrasi Publik

Tifani
Oleh Tifani
6 Oktober 2022, 19:42
prospek kerja administrasi publik
Freepik
Ilustrasi, politisi sebagai salah satu pilihan karir lulusan administrasi publik.

Prospek kerja admnistrasi publik yang menjanjikan, menjadi salah satu pendorong besarnya minat banyak orang memilih jurusan ini sebagai pilihan kala melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Jurusan yang sebelumnya bernama administrasi negara ini, adalah ilmu sosial yang mempelajari pengelolaan administrasi secara spesifik. Dalam jurusan ini, seseorang akan belajar mengkaji bagaimana tinjauan administrasi yang berhubungan dengan kebijakan publik, serta kegiatan kemasyarakatan.

Banyak orang yang beranggapan lulusan jurusan ini hanya berkerja di bidang pemerintahan sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Namun, prospek kerja administrasi publik sebenarnya cukup luas.

Berikut ini, adalah beberapa profesi yang dapat ditekuni oleh lulusan administrasi publik, dilansir dari adminpublik.uma.ac.id.

Prospek Kerja Administrasi Publik

Dalam jurusan administrasi publik, mahasiswa akan belajar memahami bagaimana turunan dari setiap hukum atau regulasi, dan kebijakan yang di keluarkan oleh pemerintah dapat diimplementasikan dengan baik di setiap level, baik tingkat organisasi atau perseorangan.

Selain menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di Kementerian/Lembaga Negara, atau di instansi pemerintahan tingkat daerah, beberapa prospek kerja administrasi publik yang dapat dipertimbangkan, adalah sebagai berikut:

1. Staf Legislatif

Ilmu administrasi publik merupakan ilmu yang mempelajari tentang kelembagaan pemerintah beserta elemennya, yaitu legislatif, yudikatif dan eksekutif. Ketika lulus, salah satu prospek kerja administrasi publik yang menarik, adalah menjadi staf legislatif.

Pekerjaan seorang staff legislatif adalah membuat kebijakan yang berkaitan dengan publik atau masyarakat. Melalui bidang pekerjaan ini, seorang lulusan administrasi publik juga memungkinkan untuk terjun dalam dunia politik.

2. Politisi

Prospek kerja administrasi publik berikutnya, adalah politisi. Karier yang satu ini cukup berkaitan erat dengan prospek karier sebagai staf legislatif.

Menjadi politisi atau politikus berarti menjadi penyambung suara rakyat. Seorang politisi, idealnya merancang dan menerapkan kebijakan berdasarkan aspirasi masyarakat. Para politisi biasa dijumpai menjadi pemimpin pemerintahan, atau sebagai anggota parlemen.

Prospek kerja administrasi publik sebagai politisi, dapat dimulai dari menjadi staf legislatif. Karena berada di lingkaran tersebut, memampukan seseorang unutk belajar lebih jauh mengenai politik, serta menggalang dukungan politik.

Namun, menjadi politisi juga bisa berangkat dari menjadi anggota partai politik. Sebagai lulusan administrasi publik, seseorang memiliki bekal untuk menjalankan peran dalan keanggotaan hingga kepengurusan partai politik, hingga akhirnya bisa menjadi politisi.

3. Konsultan Pemerintahan

Semakin berkembangnya zaman, berbagai institusi pemerintahan akan menemukan bermacam tantangan baru. Sebagian dari lembaga tersebut, akan membutuhkan seorang konsultan pemerintahan yang mampu untuk memberikan solusi-solusi jitu.

Seorang konsultan pemerintahan bertugas untuk memberikan saran serta solusi dari permasalahan yang sedang terjadi dalam ruang lingkup pemerintahan.

Nantinya, seorang konsultan pemerintahan dituntut untuk mampu menciptakan sebuah strategi yang dapat diimplemetasikan oleh para petinggi institusi untuk mengatasi masalah yang sudah, dan akan ada.

4. Staf Manajemen BUMN dan Korporasi Swasta

Selain dalam lingkungan politik pemerintahan, prospek kerja administrasi publik juga bisa berkarier di manajemen korporasi. Karier di korporasi ini, mencakup perusahaan yang berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta korporasi swasta.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...