Menilik Ragam Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Tifani
Oleh Tifani
6 Oktober 2022, 12:51
prospek kerja jurusan akuntansi
Pexels/RODNAE Productions
Ilustrasi, akuntan publik.

Prospek kerja jurusan akuntansi, menjadi pertimbangan utama banyak orang mengincar masuk salah satu konsentrasi jurusan di fakultas ekonomi ini. Seperti diketahui, jurusan ini tidak asing bagi orang yang tengah mempertimbangkan melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Ini merupakan bidang studi yang mempelajari metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan, yang berguna membantu pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan.

Advertisement

Meski secara umum akuntansi bicara mengenai pencatatan dan penyusunan laporan keuangan, namun prospek kerja jurusan akuntansi tergolong luas. Sebab, jurusan ini tidak hanya mempelajari seluk-beluk laporan keuangan saja, tetapi tentang manajemen, perpajakan, sistem informasi, dan audit.

Tak hanya di perkuliahan, studi akuntansi juga dapat ditemui di jenjang pendidikan menengah. Secara spesifik, jurusan ini dipelajari mendetail di sekolah menengah kejuruan (SMK). Berikut ini, adalah ulasan mengenai beberapa pilihan karir yang dapat ditempuh oleh para siswa atau mahasiswa jurusan akuntansi.

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Seperti telah disebutkan, pilihan karier untuk lulusan jurusan akuntansi, baik usai menamatkan jenjang pendidikan menengah (SMK), maupun pendidikan tinggi, tergolong luas.

Mengutip quipper.com dan glints.com, berikut ini beberapa bidang kerja, serta profesi yang bisa menjadi gambaran prospek kerja jurusan akuntansi.

1. Bidang Keuangan

Prospek kerja jurusan akuntansi yang pertama, adalah di bidang keuangan atau finance, yang memegang peranan penting dalam operasional suatu perusahaan. Bidang ini utamanya mengurus pencatatan transaksi, mengelola pemasukan dan alur kas serta melakukan kegiatan akuntansi termasuk pembayaran.

Seorang bagian keuangan harus bertanggung jawab penuh dalam arus informasi keuangan. Besarnya tanggung jawab tergantung dari area kerja perusahaan dan kompleksitas perusahaan.

Prospek kerja jurusan akuntansi di bidang keuangan, dimulai dari junior staf, yang kemudian berlanjut menjadi senior staf, hingga manajer, dan kepala bidang keuangan. Jika menonjol, dan terus berprestasi, maka karier bisa melejit hingga Direktur Keuangan atau Chief Financial Officer (CFO).

2. Account Officer Perbankan

Prospek kerja jurusan akuntansi berikutnya, adalah menjadi seorang account officer di perbankan. Ini adalah posisi yang kesehariannya mengurus berbagai hal yang bersangkutan dengan klien di dunia perbankan dan finansial.

Seorang account officer juga bertugas melakukan analisa kelayakan pemberian kredit, dan pemantauan terhadap kelancaran pembayaran debitur.

Prospek kerja jurusan akuntansi di dunia perbankan ini, bisa dimulai dari officer development program (ODP), yakni jalur rekrutmen perbankan untuk mencari pegawai bertalenta, yang diproyeksikan untuk menduduki kursi pimpinan di masa yang akan datang.

Umumnya, setelah diterima dalam program ODP, seseorang akan menjalani pelatihan selama kurang lebih enam bulan, serta on job training. Setelah lulus, biasanya jabatan yang akan diemban adalah Relationship Manager di kantor cabang. Namun, ada kalanya lulusan program ODP ini ditempatkan di kantor pusat sebagai staf di divisi tertentu.

Prospek kerja jurusan akuntansi sebagai account officer di perbankan ini layak ditekuni. Pasalnya, jenjang kariernya tergolong panjang, tidak melulu sebagai staf atau paling tinggi manajer. Melainkan, bisa menjadi kepala cabang atau bahkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

3. Akuntan Publik

Akuntan publik merupakan prospek kerja jurusan akuntansi yang sangat menjanjikan. Ini merupakan profesi yang diemban orang-orang yang sudah berhasil lulus pendidikan profesi. Bidang pekerjaan ini, digeluti oleh orang yang secara spesifik memiliki kompetensi dan keahlian di bidang akuntansi.

Sejatinya, akuntan publik merupakan bagian dari profesi akuntan. Akuntan publik utamanya bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP). Beberapa nama perusahaan KAP yang memiliki reputasi global, antara lain PricewaterhouseCoopers (PWC), Ernst & Young (EY), dan Deloitte.

Prospek kerja jurusan akuntansi sebagai akuntan publik ini tergolong menjanjikan. Namun, untuk meraihnya tidak cukup hanya dengan menyelesaikan studi strata satu (S1) akuntansi. Namun, juga harus menyelesaikan Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk), di mana lulusannya akan mendapatkan sertifikasi certified public accountant (CPA).

4. Akuntan Forensik

Prospek kerja jurusan akuntansi berikutnya, adalah menjadi akuntan forensik. Ini menjadi profesi yang tergolong sulit diraih. Namun, jika berhasil menjadi akuntan forensik, maka karier seseorang tergolong sangat cerah.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement