Mengintip 10 Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat yang Menjanjikan

Tifani
Oleh Tifani
5 Oktober 2022, 14:37
prospek kerja kesehatan masyarakat
Freepik
Ilustrasi, ilmu kesehatan masyarakat.

Prospek kerja kesehatan masyarakat merupakan info yang mungkin jarang didengar oleh sebagian besar orang. Maklum, ketika topik mengenai profesi bidang kesehatan mencuat, kerap yang terlintas adalah profesi dokter atau perawat.

Padahal, ada satu ilmu di bidang medis yang memiliki prospek karir yang tak kalah cerah, yakni ilmu kesehatan masyarakat. Lulusan jurusan atau program studi (prodi) kesehatan masyarakat dibutuhkan di banyak tempat, seperti fasilitas layanan kesehatan, seperti rumah sakit (RS), pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), klinik, dan laboratorium.

Prospek kerja kesehatan masyarakat juga mencakup beberapa bidang kerja di Kementerian/Lembaga Pemerintah, Dinas Kesehatan (Dinkes), hingga perusahaan swasta di beberapa industri.

Berikut ini, adalah beberapa profesi yang memiliki prospek karir yang bagus untuk lulusan ilmu kesehatan masyarakat, dilansir dari glints.com, dan quipper.com.

Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat

Seperti telah disebutkan, lulusan prodi ilmu kesehatan masyarakat memiliki peluang kerja yang luas. Beberapa profesi yang bisa dilirik oleh lulusan jurusan ini, antara lain:

1. Administrator Layanan Kesehatan Masyarakat

Prospek kerja kesehatan masyarakat yang pertama, adalah sebagai administrator layanan kesehatan atau healthcare administrator. Pekerjaan yang satu ini cukup lazim ditekuni oleh para lulusan jurusan kesehatan masyarakat.

Tugas utama dari seorang administrator layanan kesehatan masyarakat adalah, memastikan pelayanan kesehatan yang disediakan oleh tenaga medis sudah efektif dan berkualitas. Pekerjaannya pun meliputi analisis kondisi ekonomi lingkungan sekitar fasilitas kesehatan, hingga ikut merencanakan program kesehatan.

Profesi yang satu ini umumnya bekerja di fasilitas kesehatan, seperti RS dan Puskesmas, hingga institusi pemerintahan. Prospek kerja kesehatan masyarakat sebagai administrator cukup luas, seiring dengan gencarnya pembangunan fasilitas kesehatan dewasa ini.

2. Penyuluh Kesehatan Masyarakat

Prospek kerja kesehatan masyarakat yang kedua, adalah sebagai penyuluh kesehatan masyarakat atau PKM. Ini merupakan profesi yang bertugas, bertanggung jawab, dan berwenang melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan atau promosi kesehatan kepada masyarakat.

Sederhananya, PKM mengemban tugas dan tanggung jawab melakukan penyuluhan kesehatan masyarakat atau promosi kesehatan secara profesional guna meningkatkan kemampuan masyarakat lewat pembelajaran dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat supaya bisa menolong diri sendiri.

Prospek kerja kesehatan masyarakat sebagai PKM cukup menjanjikan. Sebab, jenjang karier PKM yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) cukup panjang, mulai dari Penyuluh Kesehatan Masyarakat Pelaksana, hingga menjadi Penyuluh Kesehatan Masyarakat Madya.

3. Biostatistician

Biostatistician adalah seseorang yang memiliki keahlian biostatistik, yang bertugas meneliti informasi yang sehubungan dengan kesehatan masyarakat. Profesi ini termasuk dalam prospek kerja kesehatan masyarakat yang layak dipertimbangkan.

Dilansir dari laman fkm.ui.ac.id, biostatistik merupakan ilmu dasar dalam ilmu kesehatan masyarakat, yang digunakan sebagai metode untuk mempelajari masalah kependudukan.

Bidang ini terdiri dari tiga keilmuan, yakni Biostatistika, Informatika Kesehatan, dan Kependudukan. Tujuan Biostatistik adalah sebagai dasar menarik kesimpulan yang benar, serta untuk mengambil keputusan yang baik dalam bidang kesehatan dan kedokteran. Ini membuat berkarir sebagai Biostatistician masuk dalam prospek kerja kesehatan masyarakat yang menjanjikan.

4. Epidemiolog

Prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat selanjutnya adalah sebagai epidemiolog. Epidemiologi adalah salah satu cabang di bidang kesehatan yang berhubungan dengan insiden, penyebaran, dan pengendalian penyakit pada populasi.

Agar seseorang bisa bekerja sebagai epidemiolog, lebih disarankan jika melanjutkan pendidikan ke tingkat S2 terlebih dahulu. Pasalnya, profesi yang satu ini menuntut keahlian dalam melakukan penyelidikan penyakit menular dan mencari tahu seperti apa cara pencegahan dan pengobatannya.

Selain itu, tugas lain epidemiolog adalah membuat perencanaan program kesehatan, hingga mengawasi kesuksesan program tersebut saat sedang dijalankan. Oleh karena itu, meski prospek kerja kesehatan masyarakat sebagai epidemiolog, dibutuhkan penggalian ilmu lebih lanjut ke jenjang yang lebih tinggi.

5. Pekerja Sosial

Prospek kerja kesehatan masyarakat lain yang tak kalah penting, adalah pekerja sosial atau social worker. Ini merupakan profesi yang memberikan bantuan ataupun pertolongan berupa pelayanan pada individu, kelompok, maupun masyarakat yang membutuhkan.

Profesi ini dapat dijumpai dalam berbagai situasi. Misalnya, penanganan kemiskinan, penanggulangan bencana, penanganan orang dengan kecacatan, perlindungan anak, pengembangan masyarakat, dan masih banyak lagi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...