10 Prospek Kerja Teknik Informatika yang Semakin Diminati

Tifani
Oleh Tifani
7 Oktober 2022, 07:30
prospek kerja teknik informatika
Katadata
Ilustrasi, web developer, yang merupakan salah satu profesi yang dibidik oleh lulusan teknik informatika.

Teknik informatika mempelajari penerapan logika matematika dalam pengelolaan informasi menggunakan teknologi komputer dengan berpikir logis dan terstruktur untuk mendapatkan sebuah penyelesaian masalah.

Meningkatnya penerpan teknologi informasi di berbagai bidang industri berbanding lurus dengan terbukanya prospek kerja teknik informatika. Jurusan ini hadir untuk memenuhi kebutuhan praktisi IT yang ahli dan professional.

Selain memiliki prospek kerja yang luas, lulusan teknik informatika memiliki prospek kerja yang bervariasi. Terlebih di era perkembangan teknologi dimana banyak perusahaan yang ingin melakukan ekspansi bisnis dengan merambah ranah ke dunia digital, seperti menciptakan produk berupa aplikasi.

Mengutip glints.com, berikut variasi prospek kerja teknik informatika sebagai referensi karir kerja setelah lulus nanti.

1. Data scientist

Data Scientist merupakan pekerjaan yang paling banyak dicari saat ini, ditambah dengan adanya big data. Tugas seorang data scientist adalah bertanggung jawab mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan untuk mendukung pengambilan keputusan.

Alumni teknik informatika jika tertarik bekerja dibidang ini perlu menguasai banyak kemampuan seperti pengolahan data dengan Hadoop, penggunaan statistik, pemrograman bahasa R/Python, dan logika yang kuat.

2. Web developer

Web Developer merupakan salah satu pekerjaan lain yang juga paling banyak diminati. Pekerjaan ini juga dikenal dengan bayaran atau gaji yang terbilang cukup tinggi.

Tugas utama bagi lulusan teknik informatika yang berminat bekerja dibidang itu yaitu membangun produk website atau sistem web. Mulai dari mengatur domain, membuat basis data, mendesign web, hingga mengelola dan memelihara website.

3. IT Consultant

Konsultan IT umumnya bertindak sebagai jembatan antara klien dan teknisi. Konsultan IT membantu klien untuk mengatasi permasalahan IT terkait system, aplikasi, dan penerapan operasional di perusahaan.

Dalam pekerjaan ini, lulusan teknik informatika akan dituntut untuk mengetahui banyak hal karena posisinya sebagai penasihat terkait perencanaan penerapan teknologi informasi dalam perusahaan.

4. Full Stack Developer

Full stack developer merupakan seorang yang bekerja dengan berbagai bidang IT. Full stack developer juga bekerja dari sisi front-end maupun back-end. Pekerjaan ini bertanggung jawab dalam mengembangkan semua pekerjaan termasuk database, server, sistem engineering, maupun bagian dari sisi client.

Seorang full stack developer yang handal memang membutuhkan waktu lama karena harus menguasai berbagai konsep teknologi. Lulusan teknik informatika yang tertarik di bidang ini harus memiliki kreatifitas, pemikiran global, selalu ingin tahu, mempunyai kemampuan manajemen waktu, dan komunikasi yang baik.

5. Android/iOS Developer

Seorang android dan iOS developer adalah programmer yang mampu merancang dan membuat aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna perangkat yang berbasis android ataupun iOS dari Apple.

Seorang Android developer harus menguasai bahasa pemrograman Java ataupun Kotlin. Sementara, iOS developer wajib menguasai bahasa pemrograman Swift ataupun pemrogaman objective-C.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...