7 Prospek Kerja Ilmu Ekonomi yang Menjanjikan

Tifani
Oleh Tifani
7 Oktober 2022, 14:01
prospek kerja ilmu ekonomi
Pexels/Nataliya Vaitkevich
Ilustrasi prospek kerja ilmu ekonomi.

Ilmu ekonomi merupakan salah satu jurusan populer di rumpun sosial. Sebab, lulusan ekonomi dibutuhkan di industri apapun, sehingga karier di bidang ekonomi juga sangat luas dan beragam. Tak salah jika prospek kerja ilmu ekonomi cukup cerah dan menjanjikan.

Perekonomian dunia yang diwarnai berbagai tantangan membuat perusahaan berlomba-lomba untuk merekrut lulusan dengan pengetahuan ekonomi yang lebih mendalam.

Secara umum, lulusan jurusan ilmu ekonomi dapat berkarir di pemerintahan, korporasi, baik BUMN maupun swasta, serta bidang keuangan, baik bank maupun non-bank. Selain itu, prospek kerja ilmu ekonomi juga mencakup di lembaga penelitian, serta jurnalistik.

Seperti apa gambaran profesi atau bidang kerja bagi para lulusan ilmu ekonomi? Simak ulasan singkat berikut ini.

Prospek Kerja Ilmu Ekonomi

Lulusan ilmu ekonomi memiliki kesempatan karier yang tergolong luas. Ini karena selama studi, lulusan ilmu ekonomi diharapkan untuk menguasai beberapa kemampuan.

Kemampuan yang dimaksud, mencakup kemampuan matematika, observasi terhadap masalah sosial-ekonomi, berpikir logis dan terstruktur, berpikir kritis, menganalisis, serta menyelesaikan persoalan. Beberapa kemampuan ini, menjadi fondasi prospek kerja ilmu ekonomi.

Berikut ini, adalah sederet prospek karier yang ditempuh oleh para lulusan jurusan ilmu ekonomi, dikutip dari berbagai sumber.

1. Pemerintahan

Prospek kerja ilmu ekonomi yang pertama, adalah berkarier di pemerintahan. Tak hanya menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup provinsi, atau kabupaten/kota, lulusan ilmu ekonomi juga bisa melangkah lebih jauh lagi di pemerintahan.

Adapun, peran lulusan ilmu ekonomi di pemerintahan ini ada berbagai macam, yakni sebagai berikut:

  • Bidang Fiskal

Lulusan ilmu ekonomi dapat bekerja di Kementerian Keuangan, sebagai otoritas fiskal Indonesia. Kemampuan analisis, serta makroekonomi yang mendalam, menjadi modal bagi lulusan ilmu ekonomi untuk berkarier di Kementerian Keuangan, atau Kementerian Koordinator Bidang Keuangan.

  • Bidang Moneter

Lulusan ilmu ekonomi dapat juga bekerja di bidang moneter. Di Indonesia, otoritas moneter dipegang oleh satu badan, yakni Bank Indonesia (BI).

Ini memungkinkan, karena lulusan ilmu ekonomi telah dibekali dengan beberapa ilmu, seperti Ekonomika Moneter, Ekonometrika, Matematika Ekonomi, dan lain-lain.

  • Perencanaan Pembangunan

Bidang perencanaan pembangunan juga menjadi prospek kerja ilmu ekonomi yang menjanjikan. Pasalnya, beberapa mata kuliah wajib dalam jurusan limu ekonomi, utamanya menjurus pada pemecahan masalah pembangunan ekonomi.

Jurusan ini sendiri, dulunya bernama ilmu ekonomi studi pembangunan (IESP), di mana para lulusannya diharapkan menjadi teknokrat dalam perencanaan pembangunan ekonomi.

Di bidang perencanaan pembangunan, lulusan ilmu ekonomi dapat merintis karier di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

  • Penelitian

Di bidang pemerintahan, kegiatan penelitian juga mendapatkan perhatian yang serius. Sehingga, lulusan ilmu ekonomi juga bisa mempertimbangkan untuk menjadi peneliti di bidang ekonomi untuk pemerintah.

Lembaga yang menaungi kegiatan penelitian ini, adalah Badan Riset Nasional (BRIN). Sebelumnya, lembaga yang menaungi kegiatan riset ini, bernama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), sebelum bersama dengan lembaga riset lain dilebur menjadi satu sebagai BRIN.

2. Bidang Finansial

Prospek kerja ilmu ekonomi lainnya yang menarik adalah di bidang finansial, baik bank maupun non-bank. Ini memungkinkan, karena lulusan ilmu ekonomi telah dibekali dengan kemampuan analisis, serta matematika yang mumpuni.

Selain itu, pengetahuan akan ilmu statistika juga menjadi nilai plus lulusan ilmu ekonomi untuk bisa berkarier di bidang finansial.

Prospek kerja ilmu ekonomi di bidang finansial ini, ada berbagai macam, yakni sebagai berikut:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...