Menilik Prospek Kerja Kehutanan yang Menjanjikan

Tifani
Oleh Tifani
7 Oktober 2022, 11:13
prospek kerja kehutanan
Katadata
Ilustrasi, hutan.

Kehutanan merupakan salah satu jurusan saintek yang cukup populer. Bahkan Presiden Joko Widodo merupakan lulusan jurusan kehutanan. Ditambah Indonesia memiliki ekosistem hutan yang cukup luas, membuat prospek kerja kehutanan cukup menjanjikan.

Jurusan ini memperlajari berbagai cabang ilmu ekologi hutan, satwa, ilmu tanah, fisiologi tumbuhan, sampai pengelolaan dan manajemen hasil hutan. Bahkan di dalam jurusan ini juga akan belajar tentang pelestarian hutan melalui rehabilitasi dan perlindungan. Pasalnya ekosistem hutan berkaitan dengan berbagai permasalahan lingkungan.

Prospek kerja kehutanan tak serta merta hanya akan mengurus hutan saja. Ada berbagai peluang karir yang membutuhkan lulusan jurusan kehutanan. Dilansir dari ruangguru.com, berikut sederet prospek kerja kehutanan yang menjanjikan.

1. Pengusaha

Salah satu prospek kerja kehutanan yang pertama adalah pengusaha atau wirausahawan. Lulusan jurusan ini dapat menjadi pengusaha yang mengolah hasil hutan.

Berbekal ilmu yang dimiliki, seorang lulusan kehutanan dapat membedakan hasil hutan berkualitas atau tidak. Salah satu contoh pengusaha yang dikenal sukses ialah Presiden Jokowi, ia meruapakan pengusaha mebel sebelum menjabat menjadi wali kota Solo.

2. Intansi Pemerintah atau BUMN

Prospek kerja kehutanan selanjutnya adalah bekerja di instansi pemerintah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pasalnya pemerintah Indonesia memiliki Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yang merupakan instansi resmi yang mengelola ekosistem hutan di negara ini.

Ada juga beberapa BUMN yang bergerak di bidang kehutanan seperti Perhutani dan PT Perkebunan Nusantara III, yang membuka peluang karir lulusan jurusan kehutanan. Lulusan kehutanan dapat membantu pemerintah menyelesaikan permasalahan kehutanan di negara ini.

3. NGO atau LSM

Bekerja di Non Goverment Organization (NGO) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dapat menjadi prospek kerja kehutanan selanjutnya. Lulusan kehutanan dapat merintis karis melalui lembaga non profit untuk menyeruakan hal-hal yang berkaitan dengan hutan. Mulai dari penembangan liar hingga pembakaran hutan yang disebabkan pembukaan lahan.

Ditambah kini ekosistem hutan di Indonesia semakin memprihatinkan.

4. Lembaga Penelitian

Lulusan kehutanan dapar berkarir sebagai seorang peneliti, sekaligus membagikan ilmu yang dimilikinya mengenai dunia kehutanan. Ada banyak lembaga peneliti kehutanan, baik bertaraf Nasional hingga international, seperti LIPI, BPPT, ICRAF, AGFOR, CIFOR, PROFAUNA, dan masih banyak lagi.

5. Manajemen Satwa Liar

Prospek kerja kehutanan selanjutnya ialah menjadi bagian dari manajemen satwa liar atau pengelola satwa liat. Terlebih Indoensia memiliki banyak sekali satwa liar, sehingga berkarir di bidang ini cukup lah menjanjikan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...