Cara Mengobati Sakit Tenggorokan dengan Bahan Alami dan Obat-obatan

Annisa Fianni Sisma
7 Oktober 2022, 15:28
cara mengobati sakit tenggorokan
PEXEL
Ilustrasi, sakit tenggorokan.

Meskipun sangat mengganggu, ternyata cara mengobati sakit tenggorokan cukup mudah. Cara-cara di bawah ini dapat dicoba karena mudah dalam memperoleh bahan dan dinilai efektif sembuhkan sakit tenggorokan.

Sebelum mencari tentang cara mengobati sakit tenggorokan, harus diketahui pula faktor penyebabnya. Penyebab sakit tenggorokan dapat muncul karena infeksi virus, infeksi bakteri, alergi, dan lain sebagainya.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut cara mengobati sakit tenggorokan dengan mudah, dilansir dari Halodoc dan Alo Dokter.

1. Obat Kumur

Cara mengobati sakit tenggorokan yang umum digunakan adalah dengan menggunakan obat kumur. Obat ini mengandung antibakteri dan membasmi kuman penyebab infeksi tenggorokan.

Obat kumur untuk meredakan nyeri saat menelan karena sakit tenggorokan dapat diperoleh dengan mudah. Banyak apotek yang menjual obat ini dengan harga terjangkau.

2. Berkumur dengan Air Garam

Obat alami yang dapat menyembuhkan sakit tenggorokan adalah air garam. Cukup campurkan satu sendok teh garam ke air hangat. Setelah itu, aduk hingga tercampur dan gunakan air tersebut untuk berkumur.

Cara mengobati sakit tenggorokan ini telah dikenal sejak jaman dahulu dan dipercaya efektif mengatasi sakit tenggorokan. Berkumur air garam mampu mencegah infeksi dan membersihkan tenggorokan dari dahak.

3. Mengunyah Bawang Putih

Bahan alami yang dapat meredakan sakit tenggorokan adalah bawang putih. Manfaat bawang putih yakni mampu menjadi antibakteri, anti jamur, dan anti virus.

Cara penggunaannya pun sangat mudah. Cukup kunyah bawang dan hisap selama 15 menit. Jika tidak suka mengunyah bawang secara langsung, maka bisa campur bawang dengan madu.

4. Menggunakan Obat Gosok

Penggunaan obat gosok dapat menjadi salah satu cara mengobati sakit tenggorokan. Obat gosok yang dapat digunakan adalah obat gosok yang mengandung mentol atau peppermint.

Hirup aromanya yang dapat membantu menenangkan dan oleskan pada leher kemudian akan mampu mengatasi tenggorokan yang sakit.

5. Campuran Madu dan Perasan Lemon

Campuran lemon dan madu dapat menjadi obat yang efektif mengatasi sakit tenggorokan. Cara mengobati sakit tenggorokan ini dapat mengurangi pembengkakan dan rasa tidak nyaman di tenggorokan.

Jika rutin dalam mengkonsumsi campuran madu dengan lemon maka sakit tenggorokan pun dapat segera sembuh.

6. Campuran Garam dan Cuka Apel

Cara mengobati sakit tenggorokan berikutnya adalah dengan campuran garam serta cuka apel. Kedua bahan ini dinilai efektif mengatasi sakit tenggorokan yang berat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...