Dapat Dilakukan di Rumah, Ini Cara Mengatasi Flu secara Alami

Tifani
Oleh Tifani
7 Oktober 2022, 17:45
mengatasi flu secara alami
Katadata
Ilustrasi, orang yang tengah terserang flu.

Curah hujan di beberapa daerah di Indonesia mulai meningkat. Pada musim hujan, tubuh kita akan lebih rentan terserang berbagai penyakit termasuk flu. Penyakit ini lebih mudah menular terutama di musim hujan, maupun di pergantian cuaca.

Memang, kebanyakan orang yang menderita flu dapat sembuh hanya dengan istirahat. Namun, pada beberapa kasus, flu berlangsung lama dan bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tak jarang, flu yang diderita berkepanjangan memperlemah kondisi imun tubuh, yang membuat tubuh rentan terserang penyakit lain.

Sebagai langkah cepat, pasti banyak dari kita yang langsung mencari obat ke apotek untuk meringankan gejalanya. Namun, tak ada salahnya mencoba mengatasi flu secara cara alami. Dikutip dari laman goddoctor.co.id, berikut cara mengatasi flu secara alami dan tradisional.

1. Berkumur dengan Air Garam

Campuran air hangat dan garam bisa kamu gunakan untuk berkumur. Selain dapat meredakan sakit tenggorokan, kumur air garam juga dapat membantu membersihkan lendir.

Berikut cara meredakan flu dengan berkumur air garam:

  • Campurkan 1/2 sendok teh garam dengan 8 ons air hangat
  • Masukkan air garam ke bagian belakang tenggorokan dan lalu kumur atau gargle selama sekitar 10 hingga 30 detik untuk membilas mulut dan tenggorokan.
  • Buang air kumur tadi, lalu gunakan air campuran garam yang masih baru untuk mengulangi proses di atas sebanyak 2 sampai 4 kali.

Tapi jangan sampai campuran air garam ini tertelan ya. Selain itu jangan gunakan metode ini pada anak-anak jika mereka belum bisa berkumur dengan baik.

2. Bilas Hidung dengan Air Garam

Selain digunakan untuk berkumur, campuran air hangat dan garam dapat digunakan untuk membilas hidung. Membilas hidung dengan air garam membantu mengatasi hidung tersumbat, sekaligus menghilangkan partikel virus dan bakteri dari hidung.

Berikut cara melakukannya:

  • Campurkan 1/4 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh soda kue dalam 250 ml air hangat.
  • Gunakan spuit atau alat irigasi hidung untuk menyemprotkan air ke hidung.
  • Tutup satu lubang hidung dengan memberikan tekanan jari ringan sambil menyemprotkan campuran garam ke lubang hidung lainnya.
  • Biarkan mengering.
  • Ulangi dua hingga tiga kali, lalu lakukan pada lubang hidung lainnya.

3. Menghirup Uap Panas

Flu kerap kali menyebabkan kesulitan bernapas karena hidung tersumbat. Untuk mengatasinya dapat menggunakan pengobatan tradisional dengan menghirup uap.

Menghirup uap dari sepanci air hangat dapat membantu menenangkan hidung, sinus, tenggorokan, dan paru-paru. Uap ini dapat membantu mengencerkan lendir yang tersumbat.Udara hangat yang lembap juga bisa meredakan pembengkakan di hidung dan paru-paru.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...