Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Mudah

Kutu kucing menjadi masalah bagi pemilik kucing. Jangan panik saat hewan peliharaan Anda diserang kutu karena ada beberapa cara menghilangkan kutu kucing dengan mudah.
Image title
12 Oktober 2021, 20:24
Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Mudah
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi cara merawat kucing dengan baik

Merawat kucing di rumah tidak sulit, namun butuh ketelatenan. Anda harus memperhatikan kualitas makanan, kebersihan tempat tinggal kucing, dan beberapa perawatan yang dibutuhkan. Kucing umumnya rentan terserang kutu. Hewan kecil ini bisa menggangu kecantikan dan kesehatan kucing. Maka dari itu sebagai pemilik Anda harus mengetahui cara menghilangkan kutu kucing.

Cara Menghilangkan Kutu pada Kucing

Untuk menghilangkan kutu kucing bisa dikakukan dengan beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan. Mengutip dari halodoc.com dan sehatq.com, berikut beberapa cara untuk menghilangkan kutu kucing yang bisa Anda lakukan.

1. Lakukan perawatan kucing

Melakukan perawatan kucing dengan tepat dipercaya bisa mencegah kutu pada kucing. Anda harus memahami kebutuhan kucing yang dipelihara. Setiap jenis kucing memiliki kebutuhan yang berbeda.

Jadi, lakukanlah perawatan sesuai dengan kebutuhan kucing. Perawatan seperti rutin pengecekan kesehatan ke dokter hewan juga bisa menjadi upaya pencegahan yang tepat.

2. Membersihkan tempat tidur kucing

Kebersihan menjadi hal yang penting saat Anda memelihara kucing. Hewan ini mudah terserang patogen seperti jamur. Kutu pada kucing juga bisa muncul ketika kebersihan tidak terjaga. Maka dari itu, membersihkan kandang, tempat makan, tempat tidur, dan area bermain kucing setiap hari menjadi sebuah keharusan.

3. Salep khusus kutu kucing

Salep khusus untuk kutu kucing mengandung senyawa imidakloropid, fluralaner, fipronil, atau selamecin yang berguna untuk menghilangkan kucu kucing. Salep tersebut bisa langsung dioleskan pada bagian belakan kucing.

Aturan penggunaannya hanya satu bulan sekali. Akan tetapi Anda juga perlu untuk mempertimbangkan saran dan instruksi dari dokter hewan, agar tidak terjadi kesalahan.

4. Kalung anti kutu kucing

Cara menghilangkan kutu pada kucing selanjutnya yaitu dengan menggunakan kalung anti kutu kucing. Aksesori ini mengandung flumethrin dan imidakloropid yang bisa menghilangkan kutu kucing dengan mudah.

Kekurangan dari alat ini yaitu hanya bisa menghilangkan kutu kucing di area leher saja. Selain itu, kalung ini juga bisa memberikan efek samping kebotakan atau iritasi bagi kucing yang tidak cocok.

Namun tenang saja, karena kini sudah ada kalung kutu kucing yang lebih lembut untuk bulu kucing. Selain itu, inovasi senyawa yang terkandung didalamnya juga bisa membasmi kutu diseluruh tubuh kucing.

5. Bubuk kutu kucing

Produk lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan kutu kucing yaitu bubuk kutu kucing. Cara menggunakannya yaitu dengan menaburkan bubuk tersebut pada tubuh kucing.

Namun produk ini kurang cocok digunakan untuk kucing yang aktif, sebab bubuknya bisa berjatuhan ke sekitar rumah tempat kucing tersebut bermain.

Bubuk kutu kucing yang berjatuhan akan membuat rumah menjadi kotor. Selain itu, bisa juga menyebabkan gangguan kesehatan apabila terhirup atau tertelan.

6. Obat anti kutu

Cara keempat yang bisa dipilih untuk menghilangkan kutu kucing yaitu dengan menggunakan obat kutu kucing. Obat ini biasanya dalam bentuk cairan, pil, atau tablet yang harus dikonsumi kucing.

Obat ini akan memberikan efek kurang lebih 30 menit.Obat anti kucing mengandung nitenpyram atau spinosad sehingga efektif untuk membunuh kutu pada kucing.

Keunggulan lainnya yaitu obat ini tidak meninggalkan sisa bahan kimia pada kucing jadi relatif aman. Meskipun demikian, saat memberikan kepada kucing Anda, pastikan sudah terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter hewan.

7. Sampo kutu kucing

Sampo selain bisa membersihkan bulu kucing dari kotoran, ternyata bisa juga digunakan untuk membasmi kutu. Tentu saja sampo yang digunakan harus mengandung senyawa khusus untuk membunuh kutu kucing. Biasanya sampo dengan kandungan fiptonil yang digunakan untuk membunuh kutu.

8. Suntikan kutu kucing

Cara menghilangkan kutu kucing selanjutnyaa yakni dengan menggunakan suntikan kucu kucing. Cara ini akan semakin efektif bila digunakan bersama salep kucing yang diberikan setiap enam bulan sekali.

Suntikan juga bisa menjadi cara menghilangkan telur kutu kucing. produk ini mengandung adulcide yang dapat membunuh kutu sekaligus telurnya.

9. Mencuci seluruh benda yang menjadi rumah kutu

Kutu pada kucing bisa saja bersembungi ditempat seperti bantal, karpet, atau alas tidur kucing. Jika benda-benda tersebut tidak dibersihkan, maka tidak menutup kemungkinan kucing terserang kutu. Jadi pastikan untuk rutin membersihkan alat-alat tersebut agar kucing terhindar dari kutu.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Alami

Selain beberapa cara di atas, menghilangkan kutu kucing juga bisa dilakukan menggunakan bahan-bahan alami. Apa saja bahan alaminya? Berikut penjelasannya.

1. Minyak telon

Minyak dengan aroma khas ini dipercaya bisa menghilangkan kutu pada kucing. Cara penggunaanya cukup mudah. Anda hanya perlu mengusapkan minyak telon ke seluruh tubuh kucing. Namun Anda juga harus berhati-hati dalam memberikan minyak ini, sebab kandungan minyak telon bisa menjadi berbahaya apabila terjilat oleh kucing.

2. Air lemon

Kandungan asam sitrat dalam lemon bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu pada kucing. Hal ini dikarenakan kucing tidak menyukai rasa asam.

Untuk membuat air lemon cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya.

  • Potong lemon menjadi dua bagian.
  • Rebus air sampai mendidih. Lalu masukkan potongan lemon tersebut.
  • Diamkan air rebusan sampai dingin.
  • Saring air lemon lalu masukan dalam botol semprot.
  • Semportkan air lemon tersebut ke tubuh kucing.

3. Virgin coconut oil

Cara menghilangkan kutu kucing secara alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan virgin coconut oil. Mengutip dari halodoc.com, minyak ini bisa digunakan untuk mengusir kutu pada hewan saat intensitasnya masih ringan atau sedang.

Minyak ini tidak akan menyebabkan alergi atau iritasi secara langsung. Namun saat memberikannya ke kucing Anda harus memastikan kucing tidak menjilat area yang diolesi minyak. Sebab ketika minyak tersebut tertelan dapat menyebabkan iritasi kulit pada kucing.

Untuk penggunaanya bisa dilakukan dengan cara mengoleskan langsung pada kucing, menyeprotkan pada tubuh kucing, atau menuangkan minyak di atas sisir yang digunakan untuk menyisir bulu kucing.

4. Cuka apel

Manfaat cuka apel tidak hanya bisa dirasakan oleh manusia, namun bisa juga digunakan untuk menghilangkan kutu pada kucing. Untuk menggunakan cuka apel, Anda perlu menyampurkan cuka apel dengan air. Perbandingan antara kedua bahan tersebut yaitu 2 : 1. Setelah itu semprotkan campuran tersebut ke tubuh kucing.

5. Lavender

Bahan alami selanjutnya yang dapat menghilangkan kutu kucing yaitu lavender. Anda bisa menyemprotkan lavender ke tubuh kucing. Bahan alami ini bersifat lembut sehingga tidak perlu dibilas dan jika terserap tubuh kucing juga tidak berbahaya.

6. Teh Chamomile

Cara menghilangkan kutu kucing selanjutnya yaitu dengan menggunakan teh camomile. Anda bisa mengoleskan bahan alami ini kesuluruh tubuh kucing agar kutu lebih cepat hilang. Penggunaan chamomile dengan lavender secara bersamaan dipercaya lebih efektif untuk mengusir kutu kucing.

Apakah Kutu Kucing Bisa ke Manusia?

Ketika mengetahui hewan peliharaan kita diserang kutu mungkin kita mulai khawatir akan kesehatan hewan kesayangan kita. Selain itu, sebagai pemilik kita juga mungkin memiliki ketakutan jika kutu tersebut menular ke manusia.

Mengutip dari halodoc.com, kutu pada hewan peliharaan seperti kucing atau anjing tidak menular ke manusia. Kutu tersebut merupakan parasit yang butuh tempat hangat.

Bulu hewan peliharaan sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat tinggalnya. Sedangkan manusia tidak memiliki bulu lebat seperti kucing dan anjing. Sehingga kutu tersebut tidak mungkin menular ke manusia.

Meskipun tidak menular, namun Anda tetap harus waspada, sebab tidak menutup kemungkinan kutu tersebut menempel di tubuh kita lalu menghisap darah kita. Ketika kutu hewan tersebut mengisap darah manusia, maka akan menyebabkan rasa gatal pada area yang dihisap.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka perhatikanlah kondisi hewan peliharaan yang dimiliki. Pastikan hewan tersebut tidak memiliki kutu.

Jika sudah terlanjur terserang parasit tersebut, maka cara menghilangkan kutu kucing yang dijabarkan di atas bisa menjadi solusinya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait