Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Mudah

Siti Nur Aeni
12 Oktober 2021, 20:24
Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Mudah
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi cara merawat kucing dengan baik

Merawat kucing di rumah tidak sulit, namun butuh ketelatenan. Anda harus memperhatikan kualitas makanan, kebersihan tempat tinggal kucing, dan beberapa perawatan yang dibutuhkan. Kucing umumnya rentan terserang kutu. Hewan kecil ini bisa menggangu kecantikan dan kesehatan kucing. Maka dari itu sebagai pemilik Anda harus mengetahui cara menghilangkan kutu kucing.

Cara Menghilangkan Kutu pada Kucing

Untuk menghilangkan kutu kucing bisa dikakukan dengan beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan. Mengutip dari halodoc.com dan sehatq.com, berikut beberapa cara untuk menghilangkan kutu kucing yang bisa Anda lakukan.

1. Lakukan perawatan kucing

Melakukan perawatan kucing dengan tepat dipercaya bisa mencegah kutu pada kucing. Anda harus memahami kebutuhan kucing yang dipelihara. Setiap jenis kucing memiliki kebutuhan yang berbeda.

Jadi, lakukanlah perawatan sesuai dengan kebutuhan kucing. Perawatan seperti rutin pengecekan kesehatan ke dokter hewan juga bisa menjadi upaya pencegahan yang tepat.

2. Membersihkan tempat tidur kucing

Kebersihan menjadi hal yang penting saat Anda memelihara kucing. Hewan ini mudah terserang patogen seperti jamur. Kutu pada kucing juga bisa muncul ketika kebersihan tidak terjaga. Maka dari itu, membersihkan kandang, tempat makan, tempat tidur, dan area bermain kucing setiap hari menjadi sebuah keharusan.

3. Salep khusus kutu kucing

Salep khusus untuk kutu kucing mengandung senyawa imidakloropid, fluralaner, fipronil, atau selamecin yang berguna untuk menghilangkan kucu kucing. Salep tersebut bisa langsung dioleskan pada bagian belakan kucing.

Aturan penggunaannya hanya satu bulan sekali. Akan tetapi Anda juga perlu untuk mempertimbangkan saran dan instruksi dari dokter hewan, agar tidak terjadi kesalahan.

4. Kalung anti kutu kucing

Cara menghilangkan kutu pada kucing selanjutnya yaitu dengan menggunakan kalung anti kutu kucing. Aksesori ini mengandung flumethrin dan imidakloropid yang bisa menghilangkan kutu kucing dengan mudah.

Kekurangan dari alat ini yaitu hanya bisa menghilangkan kutu kucing di area leher saja. Selain itu, kalung ini juga bisa memberikan efek samping kebotakan atau iritasi bagi kucing yang tidak cocok.

Namun tenang saja, karena kini sudah ada kalung kutu kucing yang lebih lembut untuk bulu kucing. Selain itu, inovasi senyawa yang terkandung didalamnya juga bisa membasmi kutu diseluruh tubuh kucing.

5. Bubuk kutu kucing

Produk lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan kutu kucing yaitu bubuk kutu kucing. Cara menggunakannya yaitu dengan menaburkan bubuk tersebut pada tubuh kucing.

Namun produk ini kurang cocok digunakan untuk kucing yang aktif, sebab bubuknya bisa berjatuhan ke sekitar rumah tempat kucing tersebut bermain.

Bubuk kutu kucing yang berjatuhan akan membuat rumah menjadi kotor. Selain itu, bisa juga menyebabkan gangguan kesehatan apabila terhirup atau tertelan.

6. Obat anti kutu

Cara keempat yang bisa dipilih untuk menghilangkan kutu kucing yaitu dengan menggunakan obat kutu kucing. Obat ini biasanya dalam bentuk cairan, pil, atau tablet yang harus dikonsumi kucing.

Obat ini akan memberikan efek kurang lebih 30 menit.Obat anti kucing mengandung nitenpyram atau spinosad sehingga efektif untuk membunuh kutu pada kucing.

Keunggulan lainnya yaitu obat ini tidak meninggalkan sisa bahan kimia pada kucing jadi relatif aman. Meskipun demikian, saat memberikan kepada kucing Anda, pastikan sudah terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter hewan.

7. Sampo kutu kucing

Sampo selain bisa membersihkan bulu kucing dari kotoran, ternyata bisa juga digunakan untuk membasmi kutu. Tentu saja sampo yang digunakan harus mengandung senyawa khusus untuk membunuh kutu kucing. Biasanya sampo dengan kandungan fiptonil yang digunakan untuk membunuh kutu.

8. Suntikan kutu kucing

Cara menghilangkan kutu kucing selanjutnyaa yakni dengan menggunakan suntikan kucu kucing. Cara ini akan semakin efektif bila digunakan bersama salep kucing yang diberikan setiap enam bulan sekali.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...