Menilik 5 Prospek Kerja Kesejahteraan Sosial

Tifani
Oleh Tifani
10 Oktober 2022, 11:45
prospek kerja kesejahteraan sosial
Freepik
Ilustrasi, seorang pekerja sosial (social worker) membagikan bantuan hasil donasi.

Jurusan kesejahteraan sosial berada di dalam rumpun ilmu sosial, hukum, dan politik. Namun, masih banyak orang yang tidak familiar dengan jurusan ini. Padahal, prospek kerja kesejahteraan sosial cukup menjanjikan dan memiliki banyak peluang.

Disadur dari laman ui.ac.id, tujuan utama dari pendidikan kesejahteraan sosial adalah, menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar untuk mengurangi ketidakadilan serta ketidaksetaraan sosial. Di jurusan ini, mahasiswa dibimbing melakukan pengelolaan masalah sosial dengan cara mengembangkan program preventif, kuratif, rehabilitasi dan pengembangan.

Prospek kerja jurusan kesejahteraan sosial umumnya identik dengan lembaga pemerintahan pusat dan daerah, terutama yang bertanggung jawab atas urusan sosial. Namun, hal itu tidaklah sepenuhnya benar, keunggulan dalam bidang sosial dan perencanaan strategi membuat tenaga lulusan kesejahteraan sosial begitu diminati oleh berbagai perusahaan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet prospek kerja untuk lulusan ilmu kesejahteraan sosial yang menjanjikan dan memiliki banyak peluang kerja.

Prospek Kerja Kesejahteraan Sosial

Secara umum, jurusan ilmu kesejahteraan sosial adalah studi yang mempelajari cara mencegah, mengidentifikasi, dan mencari solusi untuk suatu permasalahan sosial. Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Berikut ini, adalah beberapa prospek kerja kesejahteraan sosial yang patut dipertimbangkan, bagi mahasiswa ilmu kesejahteraan sosial atau siswa sekolah menengah atas (SMA) tingkat akhir, yang tengah memilih bidang studi untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi.

1. Ahli Sosial dan Pengembangan Masyarakat

Prospek kerja kesejahteraan sosial yang pertama, adalah menjadi tenaga ahli sosial dan pengembangan masyarakat. Profesi ini dibutuhkan, terutama untuk negara yang menghadapi tantangan permasalahan sosial yang tinggi, seperti Indonesia misalnya.

Pasalnya, angka kependudukan Indonesia terus meningkat, yang menyebabkan timbulnya kesenjangan serta ketidakadilan sosial yang dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Untuk meredakan permasalahan tersebut, lembaga sosial dan pemerintah memerlukan tenaga lulusan kesejahteraan sosial.

Prospek kerja kesejahteraan sosial yang satu ini, dapat diraih dengan bekerja di beberapa lembaga negara, misalnya di Kementerian Sosial, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), atau menjadi peneliti di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).  Statusnya bisa menjadi tenaga ahli maupun pegawai negeri sipil (PNS).

2. Social Worker

Menurut ProspectsUK, prospek kerja kesejahteraan sosial lainnya, adalah menjadi pekerja sosial atau social worker di lembaga swadaya masyarakat (LSM) atau non-governmental organization (NGO).

Lembaga-lembaga nirlaba akan membutuhkan individu yang mampu untuk membuat jembatan antara perusahaan dan masyarakat. Selain itu, keahlian mereka dalam bidang perencanaan juga diperlukan LSM untuk kebutuhan proyek dan fund raising.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...