Mengintip 7 Prospek Kerja Kriminologi yang Menarik

Tifani
Oleh Tifani
7 Oktober 2022, 14:52
prospek kerja kriminologi
Freepik
Ilustrasi, kriminolog.

Kriminologi adalah ilmu yang mempelajari berbagai aspek tentang kejahatan. Jurusan kriminologi terbilang jurusan langka, karena baru ada di tiga kampus di Indonesia. Namun prospek kerja kriminologi cukup menjanjikan.

Lulusan jurusan kriminologi sangat dibutuhkan di Kepolisian, Kejaksaan, atau Pengadilan. Namun, bukan hanya itu saja, lulusan jurusan kriminologi juga bisa berkarier di berbagai lembaga lainnya seperti Badan Intelijen Negara (BIN), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kementerian Hukum dan HAM.

Kemudian, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan), Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Lulusan jurusan ini juga cocok untuk bekerja di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Badan Pusat Statistik (BPS).

Prospek Kerja Kriminologi

Dilansir dari masoemuniversity.ac.id, berikut prospek kerja kriminologi yang bisa dipertimbangkan oleh para lulusan jurusan kriminologi, atau siswa sekolah menengah atas (SMA) tingkat akhir, yang tengah mempertimbangkan jurusan atau bidang studi di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

1. Kejaksaan

Salah satu prospek kerja kriminologi adalah menjadi staf kejaksaan. Tugas seorang jaksa adalah bertanggung jawab penuh pada kasus hukum yang sedang ditangani. Kejaksaan merupakan tempat dimana kasus kriminal diproses dan juga diselesaikan.

2. Kepolisian

Prospek kerja kriminologi berikutnya, adalah kepolisian, tepatnya di bagian laboratorium kriminologi. Di sini, tugas kriminologi adalah melakukan penyidikan atas kasus-kasus kriminal yang beredar. Seperti diketahui, lembaga kepolisian adalah badan utama yang menangani kasus kecil hingga besar yang ada di Indonesia.

3. KPK

Jurusan kriminologi tentu siap kerja pada lembaga KPK yang diharapkan mampu membantu memberantas korupsi yang ada di Indonesia. Kasus korupsi sangat banyak di negara ini sehingga membutuhkan orang-orang yang memang memiliki kemampuan hukum untuk menanganinya. Untuk itu anda yang lulusan kriminologi punya potensi besar masuk jajaran staf KPK.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...