7 Cara Mengobati Kucing Flu agar Tidak Bertambah Parah

Destiara Anggita Putri
10 Oktober 2022, 15:23
Cara Mengobati Kucing Flu
Unsplash
Ilustrasi, kucing.

Salah satu penyakit yang dialami kucing adalah flu. Pada umumnya, flu kucing disebabkan karena infeksi Feline calicivirus (FCV) dan Feline herpesvirus type 1 (FHV-1).  Flu pada kucing juga bisa disebabkan oleh infeksi virus H1N1 yang merupakan virus influenza serta efek samping bakteri atau alergi yang dialami kucing.

Gejala nya sendiri berupa bersin, mata dan hidung berair, demam, batuk, hingga sesak atas. Flu biasanya menjangkiti anak kucing dan kucing tua yang tergolong kucing dengan sistem kekebalan lemah.

Tentunya flu kucing harus segera diobati agar tidak menyebabkan kerusakan permanen, radang paru-paru, hingga kematian. Lantas  bagaimana  caranya?  Simak tujuh cara mengobati kucing flu di bawah ini.

1. Berikan Ruang Khusus

Bila kucing Anda sedang flu, pastikan Anda membuat lingkungan tinggal kucing senyaman mungkin. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah stress pada kucing yang umunya terjadi ketika mereka terserang flu. Stress inilah yang akan memperburuk penyakit mereka.

Caranya adalah dengan memisahkan kucing Anda yang flu dengan kucing lainnya hingga benar-benar sembuh. Biasanya proses penyembuhan membutuhkan waktu sekitar dua minggu  atau lebih tergantung penyebab kucing flu.

Mengisolasi kucing yang sedang flu di ruang khusus dan terpisah sangat penting. Alasannya flu kucing bisa menyebar melalui kontak dengan air liur, air mata, atau cairan hidung antar kucing. Isolasi ini  bisa meminimalkan risiko penularan flu ke kucing sehat.

Selain itu, isolasi ini juga mampu mengoptimalkan proses pemulihan kucing flu sehingga tidak rentan terkena virus dari kucing lainnya. Agar kucing cepat sembuh, Anda juga  perlu rutin membersihkan  tempat tidur, mangkuk makanan dan nampan kotoran kucing secara terpisah. 

2. Mengelap Hidung dan Matanya

Cara mengobati kucing flu berikutnya adalah dengan mengelap hidung dan matanya. Alasannya lendir pada hidung dan mata seringkali membuat kucing merasa tidak nyaman sehingga harus rutin diberikan.

Tidak hanya membuat kucing lebih nyaman, cara ini juga memungkinan mereka untuk mencium aroma makanan, dan membantu mereka bernafas lebih murah. Anda bisa mengelapnya menggunakan kapas atau lap bersih yang dibasahi air hangat. Jangan lupa cuci tangan Anda sebelum melakukannya agar tidak tertular flu dari kucing Anda.

3. Memberikan Madu

Cara berikutnya adalah dengan memberikan kucing Anda yang terserang flu dengan madu. Tidak hanya berkhasiat untuk manusia, madu juga bisa menjadi salah satu obat alami untuk membantu meredakan flu kucing. 

Berikan madu pada kucing sekitar 1 x 4 jam. Anda bisa memberikannya secara langsung atau mencampurkannya pada air minum. Jangan berikan terlalu banyak karena umumnya kucing tidak suka bau madu yang terlalu manis.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...