6 Cara Mengobati Kucing Muntah yang Bisa Dilakukan di Rumah

Destiara Anggita Putri
10 Oktober 2022, 18:26
Cara Mengobati Kucing Muntah
Unsplash
Ilustrasi, kucing.

Sebagai pemilik kucing, tentunya Anda perlu memperhatikan kondisi kesehatan kucing Anda.  Dengan demikian, Anda bisa segera mengambil tindakan bila terjadi masalah kesehatan pada kucing Anda.  

Ada banyak masalah kesehatan pada kucing. Salah satu yang paling umum terjadi  adalah kucing muntah. Ketika hal ini terjadi, biasanya kucing mengalami kontraksi pada perut dan mengayun-ayunkan kepala mereka seolah ingin mengeluarkan sesuatu dari mulut mereka.

Kucing muntah umumnya terjadi dikarenakan bola bulu. Aktivitas kucing yang suka menjilati bulunya sering membuat bulu mereka masuk ke dalam tubuh. Efeknya, bola bulu tersebut  menggumpal dan  terjebak pada saluran pencernaan sehingga membuat mereka memuntahkannya.

Tidak hanya bola bulu, kucing muntah juga bisa disebabkan  karena ada nya benda asing yang masuk di mulutnya. Namun bisa jadi ada faktor lainnya mulai dari makanan yang dikonsumsi hingga gejala suatu penyakit pada kucing Anda.

Bila kucing Anda sering muntah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobatinya. Patut diingat, beberapa cara mengobati kucing muntah berikut, hanya dilakukan apabila muntahan kucing tergolong ringan.

1. Singkirkan Benda di Dalam Mulut Kucing

Salah satu penyebab kucing muntah adalah bisa jadi ada benda asing yang masuk ke dalam mulutnya. Misalnya bulu atau benang dari mainannya. Solusinya adalah Anda harus menyingkirkan benda atau mainan yang menyebabkan kucing Anda muntah.

Caranya adalah Anda pegang  kucing Anda secara perlahan dan tunggu sampai mereka tenang. Setelah itu, buka mulut meeaa untuk melihat apakah ada benda yang masuk ke mulutnya atau tidak. Jika ada, ambil benda tersebut secara perlahan agar keluar dari mulut kucing Anda. 

2. Berikan Air atau Es Batu

Cara yang bisa Anda lakukan ketika kucing Anda muntah adalah memberikannya air atau es batu. Anda bisa memberikan beberapa sendok makan air sembari menunggu waktu 12-18 jam. Air ini berguna untuk membantu sistem pencernaan agar kucing bisa menerima makanan atau minuman lain

Suapi kucing Anda dengan beberapa sendok air setiap 30 menit sekali. Cara lainnya adalah berikan es batu pada kucing Anda dan biarkan mereka menjilatinya sendiri. Dengan melakukan cara ini, kucing Anda bisa megistirataakannya perutnya setelah muntah.

3. Beri Makan dalam Porsi Kecil 

Terlalu banyak makan juga bisa menyebabkan kucing Anda muntah. Solusinya adalah 12 jam setelah muntah, coba berikan air pada kucing Anda untuk melihat responnya. Bila responnya bagus, maka Anda bisa memberinya makan,

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...